FMMP Menghadiri Acara Silahturahmi Peduli Cagar Budaya Provinsi Lampung

Tulang Bawang Barat | suaranasionalnews.co.id Forum Muley Meghanai Panaragan menghadiri Acara Silaturahmi Peduli Cagar Budaya Provinsi Lampung yang diselenggarakan oleh Pusat Studi Kajian Ilmiah Sejarah Budaya Lampung (PUSKAM SBL) di Jl. Pagaralam, Gg. Ulangan VI, Kelurahan Segalamider, Tj. Karang Barat, Bandar Lampung Rabu kemarin, (2/9/2020).

Yuridis Mahendra, S.Pd selaku Ketua Umum PUSKAM SBL, Bpk. Akai Penulis “Misteri Krakatau” menjadi moderator pada acara tersebut. Hadir pula Tokoh Pemuda Gunung Sugih (Lampung Tengah), Perwakilan Muley Meghanai Rajabasa (Bandar Lampung), Perwakilan Pemuda Anek Aji Kagungan (Lampung Utara), Perwakilan Pemuda Kotabumi Balak, Tokoh Pemuda Forum Silahturahmi Muley Meghanai Lampung Tengah dan Forum Muley Meghanai Panaragan (Tubaba) sebagai perwakilan pemuda-pemudi peduli Cagar Budaya Lampung.

Pertemuan hangat ini menjadi ruang diskusi bersama dan saling membuka mata bahwa pemuda-pemudi atau Muley Meghanai Lampung bisa berkomitmen dalam upaya menyelamatkan Rumah Daswati yang hampir dilupakan oleh masyarakat di Provinsi Lampung.

“Daswati singkatan dari Daerah Swatantra Tingkat berlokasi di Jalan Tulangbawang No. 175 A (sekarang No. 11) Enggal, Tanjungkarang. Sebagaimana kita ketahui Rumah Daswati adalah Rumah yang pernah dipakai oleh Panitia saat mengajukan Lampung sebagai Provinsi. Sebagai bangunan yang memiliki nilai paling bersejarah di Lampung, rumah Daswati sangat penting untuk diperhatikan. Mengingat, keadaan rumah tersebut pada saat ini sangat memperihatinkan dan ternyata masih dalam sengketa untuk kepemilikan bangunan tersebut,”ungkap Irawan Syah selaku kepalo meghanai panaragan

“Kami mewakili Muley Meghanai Panaragan siap mendukung gerakan ini, mengingat bangunan ini memiliki nilai sejarah yang sangat penting bagi kita masyarakat Lampung” ujar, Irawan

Diakhir acara setelah melakukan kesepakatan bersama. Maka, dibentuk Tim Gerakan Elemen Masyarakat Perumus Rumah Daswati (Gempur Perda). Tim tersebut ke depan akan melibatkan perwakilan pemuda-pemudi dari Kabupaten lain di Provinsi Lampung secara masif mensosialisasikan tentang upaya menyelamatkan Rumah Deswati sebagai Bangunan Cagar Budaya Lampung.

(Her/Jun)