TNI Bantu Petani Irigasi Perpompaan Untuk Tanaman Jagung di Musim Kemarau

Sumenep, Jatim | suaranasionalnews.co.idDatangnya musim kemarau di beberapa tempat, khususnya di Sumenep, acapkali memberikan tantangan tersendiri bagi para petani terkait komoditas yang hendak mereka tanam.

Komoditas yang memiliki adaptasi bagus di musim kemarau, seperti jagung, menjadi salah satu pilihan yang rasional bagi petani.

Seperti di Desa Bangkal, Kecamatan Kota Sumenep, Babinsa Koramil 0827/01 Kota Serda Hardyan membantu petani mengairi sawahnya menggunakan irigasi pompa. Sabtu (21/10/2023).

Dia mengatakan, Irigasi pompa sendiri sangat membantu petani untuk mengairi sawahnya di musim kemarau.

Menurutnya, bercocok tanam jagung dalam kondisi lingkungan yang kering juga tetap memerlukan perhatian khusus agar hasilnya optimal.

“Irigasi perpompaan ini sangat cocok untuk mengairi sawah saat kemarau ekstrim. Selain itu, juga meningkatkan intensitas pertanaman, meningkatkan produktivitas pertanian, pendapatan dan kesejahteraan petani,” ujar Serda Hardyan.

Pihaknya juga mengungkapkan bahwa tujuan dari kegiatan Irigasi perpompaan adalah untuk memanfaatkan potensi sumber air seperti di sungai sebagai irigasi bagi komoditas tanaman seperti jagung di musim kemarau agar pertumbuhan jagung tetap maksimal. (Pendim 0827/Sumenep)