Dandim Tinjau Penanaman Jagung di Patean, Kades Siapkan Lahan 10 Hektar

Sumenep, Jatim | suaranasionalnews.co.idDandim 0827/Sumenep Letkol Czi Donny Pramudya Mahardi, S.E.,M.Si. terus memperluas kemitraannya dengan petani dan kades di wilayah Sumenep untuk memperkuat ketahanan pangan pada komoditi jagung untuk silase.

Hal ini di buktikan di Desa Patean, Kecamatan Batuan, Dandim 0827/Sumenep yang didampingi Kasdim Mayor Cba Ari Pamungkas meninjau penanaman jagung dilahan milik Kades Patean Mohammad Nurullah seluas 2,5 Ha.

Penanaman jagung dilakukan para Babinsa bersama petani binaan sejak pukul 07.15 WIB. Bibit jagung yang ditanam menggunakan jenis pertiwi 6.

“Saya sampaikan terima kasih kepada Kades dan petani Desa Patean karena dalam konteks ketahanan pangan mereka cukup serius. Lahan-lahan yang saat ini menganggur sekarang ditanami jagung untuk silase,” kata Dandim Letkol Czi Donny Pramudya Mahardi. Senin (14/8/2023).

Ia menuturkan penanaman ini dilakukan untuk pemanfaatan lahan yang di anggap menganggur selama musim kemarau.

“Kita terus menjalin komunikasi melalui Babinsa untuk mengajak petani, bahkan saat ini Kades menyiapkan lahannya untuk ditanami jagung, karena kalau musim hujan disini ini kurang cocok biasanya ditanami padi,” ujarnya.

Mengenai irigasi air, lahan di Desa Patean di musim kemarau masih di bilang susah. Pasalnya saat musim kemarau tiba sungai untuk irigasi mengering.

Sembari berjalan di sawah Dandim Letkol Donny dan Kades Patean berbincang-bincang mencari solusi untuk mengairi sawah yang saat ini di tanami jagung.

“Sementara sawah disini masih ada air meskipun sedikit, cuma cukup jauh untuk mengairinya, di tempat lain kita masih tahap percobaan pakai sprinkler atau tetes, masalah air ini harus ada teknik irigasi khusus, kita nanti mau coba disini pakai tetes biar nanti hasilnya maksimal,” pungkas Letkol Donny.

Sementara, Kades Patean Mohammad Nurullah mengatakan bahwa pihaknya mendukung ditanami jagung silase di Desa Patean.

“Kami siap mendukung 100 persen untuk mensukseskan program ketahanan pangan Kodim, untuk saat ini kita tanam seluas 2,5 hektar, InsyaAllah selanjutnya kita siap tanam 10 hektar,” tandasnya.

Senada dengan Kades, Babinsa Koramil 0827/01 Kota Sertu Moh. Sakir juga mendukung program ketahanan pangan tanam jagung silase yang di gagas oleh Kodim 0827/Sumenep.

“Masyarakat kami sangat antusias dengan adanya program ini, kami akan terus mensosialisasikan dan mengajak masyarakat untuk tanam jagung silase,” ujarnya. (Pendim 0827/Sumenep)