Babinsa Ikuti Pendampingan Skrining Deteksi Dini PTM dan PM Di Saronggi

Sumenep, Jatim | suaranasionalnews.co.idBabinsa Koramil 0827/06 Saronggi Sertu Masyono mengikuti pendampingan dari Dinkes skrining deteksi dini penyakit tidak menular (PTM) dan penyakit menular (PM) oleh dinas bidang kesehatan pengendalian penduduk dan keluarga berencana (Dinkes P2KB) kabupaten sumenep tahun 2023.

Kegiatan berlangsung di Desa Saronggi, Kecamatan Saronggi, Kabupaten Sumenep. Selasa (1/8/2023).

Babinsa Sertu Masyono mengatakan bahwa kegiatan yang dilaksanakan meliputi Posbindu PTM, skrining kesehatan panca indera masyarakat, dan kunjungi posyandu balita, ibu hamil dan lansia.

“Tadi kami bersama rombongan sempat berkunjung ke rumah warga yang kena TBC, tim Puskesmas yang hadir melakukan skrining,” ucapnya.

Selain itu, lanjut Sertu Masyono kegiatan dilanjutkan penyuluhan kawasan tanpa rokok terhadap pendidikan SMPN 1 Saronggi.

“Selain penyuluhan, tim dari Dinkes P2KB melakukan pemasangan stiker kawasan dilarang merokok di lingkungan SMPN 1 Saronggi, lanjut ke posyandu,” terangnya.

Dirinya berharap, dengan adanya kegiatan ini yaitu kunjungan dari Dinas P2KB, maka program pencegahan dan pengendalian PTM maupun PM dapat optimal dan masif di seluruh komponen masyarakat di Saronggi.

“Kegiatan ini perlu dilakukan, untuk mengecek sekakigus menghimbau kepada masyarakat agar pola hidup bersih dan sehat (PHBS), melalui gaya hidup sehat, pencegahan itu jauh lebih baik, sebab penyakit-penyakit itu sebenarnya bukan penyakit, tapi dipengaruhi pola perilaku hidup tak sehat,” imbuh Babinsa Sertu Masyono. (Pendim 0827/Sumenep)