Cegah PMK, Babinsa Kalianget Turut Gencarkan Pengecekan Hewan

Sumenep, Jatim | suaranasionalnews.co.idAnggota Koramil 0827/02 Kalianget Serda Muhayyi melaksanakan pengecekan hewan kurban dan peternak sapi, di Desa Kalianget Barat Kecamatan Kalianget Kabupaten Sumenep, Senin (26/09/2022).

Babinsa Serda Muhayyi mengungkapkan, setelah dirinya melakukan pengecekan menemukan hewan ternak milik warga ada yang terjangkit Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), saat itu juga ia langsung menghubungi petugas kesehatan hewan untuk segera ditangani.

“Saat melakukan pengecekan kami juga mengimbau warga untuk segera melapor apabila ada hewan ternaknya yang mengalami tanda-tanda penyakit PMK,” ujarnya.

Dikatakan, dengan segera melaporkan sedini mungkin kepada petugas ketika ditemukan gejala PMK, agar dilakukan penanganan sehingga tidak menimbulkan kerugian yang lebih besar.

Menurutnya, selain melaksanakan tugas pokok sehari-hari, seluruh Babinsa ditugaskan untuk membantu melakukan pencegahan penyebaran PMK. Yakni dengan memantau dan menangani bersama petugas dari Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Sumenep serta instansi terkait lainnya, sebagai upaya pemerintah dalam memutus penyebaran PMK ini.

“Selain imbauan dan penyemprotan juga dilaksanakan vaksinasi, seperti yang sudah dilakukan di beberapa daerah, guna mempercepat penanganan PMK,” tambahnya. (Pendim 0827/Sumenep)