Tangkal Hama Ulat Pada Kacang Hijau, Babinsa Saronggi Bantu Penyemprotan

Sumenep, Jatim | suaranasionalnews.co.id Pendampingan Babinsa bukan hanya diberikan kepada para petani padi saja seperti yang terlihat selama ini. Babinsa juga memberikan pendampingan kepada warga yang bercocok tanam selain padi. Seperti yang dilakukan oleh Serma M.Jufri yang membantu warganya yang menanam polowijo (kacang hijau), Jum’at ( 06/10/2023 ).

Menjelang siang hari Serma M.Jufri tiba di sawah kacang hijau milik Ibu Riskiyah yang berada di Desa Nambakor Kecamatan Saronggi. Awalnya kedatangan Babinsa ini untuk melakukan silaturahmi dan komsos saja tetapi saat melihat warga sedang berada di sawah maka Serma M.Jufri memberikan pendampingan.

” Saya sedang berada di sawah kacang hijau milik Ibu Riskiyah Poktan “Cemara” di Desa Nambakor. Umurnya sekitar 4 – 5 minggu, tanahnya subur ” kata Serma M.Jufri.

Seperti pepatah ” sambil menyelam minum air ” kedatangan Babinsa selain untuk Komsos juga memberikan bantuan kepada warganya. Terlihat Serma M.Jufri membantu kegiatan penyemprotan hama ulat di tanaman kacang hijau.

”Tujuan penyemprotan ini untuk memberikan kesuburan terhadap tanaman kacang dan sebagai langkah proaktif dalam menanggulangi serangan hama tanaman kacang hijau. “Sehingga diharapkan para petani melaksanakan penyemprotan ini secara serentak guna penanggulangan hama bisa berjalan dengan efektif,” jelas Jufri.

Serma M.Jufri juga menyarankan kepada Ibu Riskiyah tentang perlunya perawatan untuk sawahnya ini diantaranya harus dipupuk dan disiram. Selain itu rumput liar juga harus rutin dibersihkan agar tidak diganggu hama tanaman. (Pendim 0827/Sumenep)