Cerita Haru Kpt. Sarkun Lepas Veteran Moenawi ke Pusara

Sumenep, Jatim – Kapten Inf Sarkun adalah salah satu Perwira TNI AD golongan Pama ( Perwira menengah ) anggota Kodim 0827 Sumenep yang sekarang ini menjabat sebagai Danramil 0827/01 Kota Sumenep.

Suatu waktu tepatnya hari Kamis tanggal 14 November 2019 pukul 16.00 WIB Kapten Inf Sarkun melaksanakan upacara pemakaman secara Militer terhadap Almarhum Purn. Moenawi yang merupakan pensiunan anggota TNI AD (Veteran), almarhum dimakamkan secara militer karena memiliki Satya Lencana Bintang Gerilya serta permintaan dari pihak keluarga.

Kapten Inf Sarkun Danramil 0827/01 Kota Sumenep menyampaikan, Almarhum Purn. Moenawi tutup usia di umur 91 tahun dengan pangkat terakhir Letnan Dua Inf, NRP pendek 113318 dan jabatan terahir almarhum adalah Danramil Dungkek Kodim 0827/Sumenep TMT 1977 s.d 1978. Sabtu (16/11/19)

“Almarhum Purn. Moenawi meninggal dunia diakiibatkan sakit komplikasi jantung dan paru-paru yang dideritanya sejak 2 hari setelah pulang menunaikan ibadah Haji pada bulan Agustus 2019” ungkapnya.

Menurut Kapten Sarkun, tugas yang terasa berat adalah disaat diperintahkan atasan untuk menjadi Inspektur upacara pemakanan teman seperjuangan yang merupakan senior kita dalam mengabdikan terhadap Bangsa dan Negara Indonesia tercinta.

“Disana rasa bangga atas segala perjuangannya, haru,sedih dan kehilangan menjadi satu, namun kita sadar semua memang sudah waktu yang ditentukan Tuhan Allah SWT”, tungkasnya.

Danramil Kota ini juga mengatakan, secara pribadi dengan rasa hormat, bangga atas perjuangannya dan penghargaan setinggi-tingginya untuk melepas dalam pemakaman secara militer teriring do’a semoga almarhum diterima di sisi Allah SWT, diampuni segala dosa dan kesalahannya serta diterima segala amal ibadahnya, amin.

Almarhum Purn. Moenawi dimakamkan secara militer di TPU Ds. Pabean Jl. Slamet Riyadi no 25 Pabean Kec. Kota Kab. Sumenep dan dalam pemakaman tersebut cukup banyak yang hadir untuk melayat hingga lebih 500 orang.

Dalam upacara pemakaman tersebut hadir pula Danramil 16/Gapura Kapten Arm Muasari, Pasandi Kodim 0827/Sumenep Letda Inf Chamim, Perwakilan anggota Kodim 0827/Sumenep sebanyak 25 Orang dan para Anggota Veteran Kab. Sumenep serta para Tomas dan Toga dan masyarakat Ds. Pabean Kec. Kota Kab. Sumenep.

Almarhum Purn. Moenawi meninggalkan seorang istri bernama Siti Khatijah dan 6 orang anak diantaranya 3 anak perempuan dan 3 anak laki-laki serta 18 cucu yang terdiri dari 8 cucu perempuan dan 10 cucu laki-laki ditambah 5 orang cicit dari 3 perempuan dan 2 laki-laki. ( Pendim 0827 )