Babinsa Koramil Pasongsongan Dampingi Tracing Keluarga Pasien Terkonfirmasi Covid-19

Sumenep, Jatim | suaranasionalnews.co.id Contact Tracing atau Penelusuran Kontak merupakan salah satu istilah yang disebut-sebut ditengah penyebaran virus corona (covid-19).

Identifikasi terhadap orang-orang yang melakukan kontak dengan pasien positif Covid-19 ini merupakan konsep contact tracing. Gagasan dibalik konsep ini adalah pencegahan penyebaran infeksi ke kerumunan besar atau komunitas melalui pemutusan rantai transmisi.

Babinsa Koramil 0827/11 Pasongsongan Koptu Rasyid Bersama Bhabinkantibmas mendampingi Tim Contac Tracer dari Puskesmas Pasongsongan melaksanakan tracing terhadap anggota keluarga kontak erat dengan pasien terkonfirmasi positif Covid-19 atas nama Ibu SR (32) yang berlokasi di desa Lebeng Barat, Kecamatan Pasongsongan, Kabupaten Sumenep. Senin (23/08/2021)

Dari hasil tracing yang di dapat oleh petugas Kesehatan, tidak bisa melakukan swab antigen, degan alasan karena dari pihak keluarga tidak pernah kontak erat dengan ibu SR dan belum pernah pulang ke desa Lebeng Barat setelah dinyatakan positif covid-19.

“Kami sudah tracing pihak keluarga namun, yang bersangkutan tidak bisa dilakukan swab antigen, dikarenakan pasien covid-19 atas nama ibu SR belum pernah pulang ke kampung halalamanya” ujar Babinsa Koptu Rasyid

Namun hal demikian Babinsa selaku petugas tim tracing tetap menghimbau kepada pihak keluarga untuk tetap mematuhi Protokol Kesehatan 5 M. Dan pelaksanaan penelusuran Kontak Erat Covid-19 ini merupakan tindakan percepatan penanganan kasus Covid-19 untuk memutus penyebaran covid-19 di Kecamatan Pasongsongan. (Pendim 0827)