Dukung Hanpangan di Bidang Peternakan, Babinsa Tanjung Tengah Sambangi Peternak Ayam Dengan Kandang Closed House

Penajam | suaranasionalnews.co.idDalam upaya mendukung ketahanan pangan di wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Babinsa Kodim 0913/PPU Koramil 0913-01/Penajam, Sertu Herry menyambangi salah satu peternak ayam potong di kandang ayam jenis Closed House milik Ibu Tri Sumarni yang berlokasi di RT 06 Kelurahan Tanjung Tengah Kecamatan Penajam Kabupaten PPU. Rabu (21/12/2022).

Saat di konfirmasi awak media Babinsa Sertu Herry menyampaikan,”Kandang ini baru satu di antara sekian kandang ayam yang berada di Kelurahan Tanjung Tengah ini yang menggunakan sistem Closed House,”terangnya.

Dan di bandingkan dengan sistem kandang open yang ini sangatlah beda jauh dan untuk membuat kandang Closed House kita harus mengeluarkan rupiah lebih di bandingkan yang biasa.

“Pada kandang ini, seluruh kebutuhan tumbuh wajib tersedia, diantaranya ialah sistem jendela udara yang baik, udara yang optimal serta air minum hingga makanan yang relatif berkualitas. Panas pada pada kandang didapatkan oleh ayam ketika fase produksi dan sisanya berdasarkan atap, dinding bangunan, serta lampu.

Penggunaan kandang tertutup atau Closed House sebagai sebuah solusi untuk peternak agar memaksimalkan kemampuan produksi ayam. Dengan kandang Closed House terjadi pergerakan udara yang stabil serta taraf kelembapan udara pada pada sangkar mampu diatur sinkron menggunakan kebutuhan ayam.

kelebihan atau keunggulan kandang closed house adalah,Tingkat kapasitas kandang 2-3 kali lebih besar dibanding kandang Open House,Per meter persegi kandang closed house bisa menampung 14 – 18 ekor ayam,Kontrol biosecurity yang tergolong mudah.

Serta, suhu yang lebih efektif sehingga sesuai dengan kebutuhan hidup ayam,Kandang yang lebih mudah dibersihkan dan Keadaan ayam yang baik dan biaya per Kg nya lebih rendah,”terang Herry.

Tidak hanya itu, Dengan sistem ini, para peternak dapat memantau ayam ternak melalui smartphone. Sistem IoT (Internet of Things). memudahkan para peternak dengan proses pemantauan, kadar oksigen, kelembapan kandang serta sensor suhu.Dan dengan memakai sistem otomatis dan juga alat, maka mengurangi kontak dengan ayam langsung sehingga tingkat stress pada ayam dapat berkurang,”tutupnya. (Dim 0913/PPU)