Panel Trafo KB 176 PLN Terbakar, Babinsa Kolor Amankan Situasi Sekitar

SUMENEP – Panel Trafo KB 176 PLN Kabupaten Sumenep terbakar. Kejadian terjadi sekitar pukul 10.22 WIB bertempat di Jl. Trunojoyo, Desa Kolor, Kecamatan Kota, Kabupaten Sumenep. Jum’at (6/1/2023).

Kejadian ini sempat menarik perhatian warga lantaran kepulan asap bagian atas tiang PLN akibat aliran listrik tegangan tinggi sehingga kabel panel trafo LB 176 putus dan jatuh.

Kebakaran membuat pelanggan listrik di area Desa Kolor Kecamatan Kota Sumenep untuk sementara mengalami pemadaman.

Menanggapi hal tersebut Babinsa Koramil 0827/01 Kota Serka Sugeng mendatangi dan mengamankan TKP dan membantu Polsek Kota memasang police line

Serka Sugeng Siswanto mengatakan kejadian tersebut disebabkan oleh rapuhnya kabel yang sudah lama terpakai dan perlu di perbaharui.

“Sumber asap tadi berasal dari bagian atas tiang listrik, hal ini disebabkan kabel tersebut sudah rapuh dan adanya kabel yang putus di seputaran panel trafo sehingga mengakibatkan konsleting dan terbakar,” ujarnya di lokasi kejadian.

Pihaknya juga menghubungi tim Damkar, pasalnya beberapa bagian kabel atas trafo sempat mengeluarkan asap dan berpotensi membahayakan personel.

“Untungnya teknisi PLN cepat datang memutus aliran listrik dan kami juga segera hubungi tim Damkar dan sampai saat ini kegiatan perbaikan berjalan dengan lancar dan aman,” sambung Babinsa Serka Sugeng Siswanto.