Danrem 091/ASN : HUT ke-77 RI Refleksi Nilai-Nilai Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika

Samarinda | suaranasionalnews.co.idUpacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia di Provinsi Kalimantan Timur dipusatkan di Gelora Kadrie Oening Samarinda, Rabu (17/8/2022).

Bertindak selaku inspektur upacara Gubernur Kaltim H Isran Noor. Peringatan HUT RI ke-77 RI berlangsung pukul 09.40 wita.

Pada upacara kali ini digelar terbatas karena pandemi Covid-19. Bila di tahun tahun sebelumnya jumlah undangan biasanya mencapai 700 orang, namun sekarang dihadiri hanya 50 persen saja. Namun demikian tidak mengurangi antusiasme bangsa Indonesia khususnya Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur, untuk melakukan Upacara Peringatan HUT RI dengan Pengibaran Bendera Merah Putih.

Adapun sebagai pembaca Naskah Proklamasi adalah Ketua DPRD Kaltim H. Makmur Hapk yang dilanjutkan mengheningkan cipta dipimpin inspektur upacara dan pembacaan doa. Prosesi dilanjutkan dengan pengibaran Bendera Merah Putih oleh Paskibraka.

Upacara yang dikomandoi oleh Komandan Yonif 611/Awang Letkol Inf Hendra Mirza berlangsung dengan tertib dan khidmat.

Adapun yang bertugas sebagai pembawa Baki Bendera dipercayakan kepada Annisa Fathul Jannah yang merupakan siswi dari SMAN 1 Muara Koman, Kabupaten Paser.

Dengan didampingi petugas Pengerek Bendera yakni Farhan Nabil Sudira Prasetya siswa dari SMAN 1 Kota Samarinda dan petugas Pembentang Bendera yakni Andi Andre Taulani siswa dari SMAN 7 Kota Samarinda

Usai upacara pengibaran bendera di Gelora Kadrie Oening Samarinda, seluruh pejabat mengikuti prosesi upacara peringatan ke 77 Tahun Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI di Istana Merdeka, Jakarta secara virtual di Aula Dispora Kaltim.

Salah satunya pesan yang disampaikan Gubernur Kalimantan Timur, H Isran Noor menilai pelaksanaan detik-detik proklamasi lebih terasa dan penuh makna.

“Detik detik Peringatan 17 Agustus lebih hikmad, saya merasakannya Walaupun pelaksanaan ini pertama kali dimasa pandemi Covid-19, Isran merasa dalam pelaksanaan kali ini lebih seru dan kerasa lebih hikmad. ,”ungkapnya

“Apa lagi di usia 77 tahun, angka ini membawa keberuntungan, makanya ujungnya nomer saya 77,”tuturnya.

Isran mengatakan warga Kaltim sejak dulu pandai bersyukur, bekerja keras, iklas dan patuh untuk bangsa dan negara.

Danrem 091/ASN Brigjen TNI Dendi Suryadi, S.H.,M.H mengatakan, upacara Peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ini merupakan salah satu wahana untuk menghormati dan mengenang jasa para pahlawan dan pendahulu, yang telah mengorbankan jiwa dan raga, berjuang merebut, menegakkan serta mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Lebih lanjut Danrem momentum ini juga untuk mencerminkan rasa optimistis dari bangsa yang dinamis, bersinergi, tegas, dan lugas dalam menghadapi tantangan global.

“Ini juga merupakan refleksi dari nilai-nilai Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika yang sesuai dengan tema kemerdekaan tahun ini, yakni “Pulih Lebih Cepat dan Bangkit Lebih Kuat”, menuju Indonesia maju,” tutup Danrem

Turut hadir pada kesempatan tersebut Wakil Gubernur Kaltim H Hadi Mulyadi, Pj Sekretaris Daerah Prov Kaltim Riza Indra Riadi, Pangdam IV Mulawarman Mayor Jenderal TNI Tri Budi Utomo, Kapolda Kaltim Irjen Pol Imam Sugianto, Wali Kota Samarinda Andi Harun, Wakil Walli Kota Rusmadi, Forkopimda maupun Kepala OPD Kaltim. (Penrem 091/ASN)