TNI dan Warga Gotong Royong Bersihkan TPU Subir Gapura

Sumenep, Jatim | suaranasionalnews.co.idRatusan masyarakat dan TNI dari Koramil 0827/16 Gapura bergotong-royong membersihkan rumput dan sampah.

Karya bakti itu dipimpin langsung Babinsa Koramil 0827/16 Gapura Sertu Rasul berlokasi di TPU SUBIR, Dusun Karamat, Desa Banjar Barat, Kecamatan Gapura, Kabupaten Sumenep. Jum’at (10/3/2023).

Pantauan media center Kodim 0827/Sumenep TNI dan ratusan masyarakat itu kompak di area TPU menggunakan peralatan kebersihan, seperti sabit dan cangkul.

Tahap demi tahap rumput ilalang yang tinggi dibabat habis dan selanjutnya di bakar di area sekitar TPU.

Sertu Rasul mengatakan sebelumnya pihaknya berkordinasi dengan masyarakat setempat untuk membersihkan TPU dikarenakan rumput yang tinggi menutupi batu nisan.

“Kami prihatin dengan kondisi makam yang sudah kotor, dan dipenuhi rerumputan, kami berinisiatif mengajak warga gotong royong membersihkannya,” kata Sertu Rasul di lokasi TPU.

Dirinya berharap dengan dibersihkannua TPU nantinya terlihat bersih dan tidak kumuh. Apalagi jelang Ramadhan bulan ini biasanya ada masyarakat yang ziarah.

“Kami lakukan ini setengah hari saja, kita langsung turun bersama masyarakat bersihkan TPU dengan harapan terlihat bersih dan masyarakat yang hendak berziarah pun nyaman,” harapnya.

Sertu Rasul mengungkapkan, kebersamaan dengan seluruh komponen masyarakat untuk peduli kebersihan lingkungan harus tetap dijaga, di samping kegiatan tersebut merupakan hal positif yang bertujuan untuk menumbuhkan semangat gotong royong.

“Semoga dengan adanya kegiatan seperti ini, masyarakat akan lebih peduli tentang pentingnya gotong-royong dalam menjaga kebersihan lingkungan dan menjaga tradisi kearifan lokal,” pungkasnya. (Pendim 0827/Sumenep)