TNI Bantu Petani Lakukan Pemupukan Berimbang Tanaman Jagung di Ellak Daya

Sumenep, Jatim | suaranasionalnews.co.idBabinsa Koramil 0827/05 Lenteng Serka Syaiful terus menggenjot produktivitas dan kualitas jagung dengan memaksimalkan pemupukan berimbang.

Untuk mendukung hal tersebut, Babinsa diwilayah terus mendampingi petani binaan mengoptimalkan pertumbuhan jagung.

Serka Syaiful mengatakan bahwa saat ini pihaknya membantu petani melakukan pemupukan ke dua pada tanaman jagung pada usia 30 HST di Desa Ellak Daya, Kecamatan Lenteng.l seluas 1 hektar.

“Saat ini kita melakukan pemupukan ke dua menggunakan alat gejrok, pupuk yang di gunakan jenis urea campur phonska,” katanya. Senin (15/1/2024).

Selain itu, pihaknya juga melakukan pengecekan hama ulat pada tanaman jagung.

“Pengecekan kami lakukan secara rutin karena rentan kena hama ulat di saat musim hujan seperti saat ini,” jelas Serka Syaiful.

Mengenai pengairan, Serka Syaiful mengatakan untuk Desa Ellak Daya masih di airi menggunakan sumur bor.

“Untuk saat ini kebutuhan air masih dikatakan ringan karena terbantu oleh hujan, namun kadang cuaca gak menentu kadang cuaca panas, jadi kadang di bantu siram agar pertumbuhannya maksimal,” ucapnya.

Dirinya berharap pertanian jagung ini dapat memenuhi kebutuhan masyarakat.

“Kita ingin memperkuat komoditas jagung untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yaitu dengan meningkatkan perekonomian petani. Di antaranya adalah komoditas jagung yang merupakan diversifikasi pangan lokal,” harapnya. (Pendim 0827/Sumenep)