Kendalikan Gulma dan Hama, Babinsa Bantu Cek Perkembangan Jagung

Sumenep, Jatim | suaranasionalnews.co.idBabinsa di Desa Palasa, Kecamatan Talango, Sumenep membantu petani mencabut gulma pada tanaman jagung, Sabtu (11/11/2023).

Kegiatan ini dimaksudkan untuk mengetahui perkembangan dan kesuburan tanaman, serta mewaspadai terhadap penyebaran hama pada tanaman jagung pada usia 40 hari seluas 2 hektar.

Babinsa Koramil 0827/02 Lenteng Koptu Totok Andi mengatakan pengecekan gulma jika tidak dikendalikan, maka dapat mengganggu pertumbuhan dan produktivitas tanaman jagung.

“Gulma ini sangat mengganggu perkembangan jagung, kami bersam petani cabut rumput-rumput liar yang ada di sekitaran jagung, dan cara ini efektif agar pertumbuhan jagung maksimal,” katanya.

Menurutnya, pembersihan gulma jagung tersebut dilakukan sebanyak 3 kali, dan yang paling terakhir pada usia jagung 40 hari. Selain pembersihan gulma pihaknya juga mengecek hama ulat grayak yang biasa menggangu tanaman jagung.

“Tujuannya selanjutnya agar pupuk terserap maksimal oleh jagung, harapannya hasil panennya nanti melimpah sesuai target, kami juga mengecek hama ulat, namun minim, artinya tidak ada kendala,” ujar Koptu Totok Andi.

Sementara Rifa’i pemilik lahan mengaku sangat terbantu dengan kehadiran Babinsa. Luasan lahan yang di tanami jagung saat ini lebih ringan perawatannya dengan kehadiran Babinsa.

“Terima kasih pak Babinsa, besar kemungkinan jagung menjadi prioritas kami untuk meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan keluarga kami,” jelasnya. (Pendim 0827/Sumenep)