Dengan Disiplin Berlalu Lintas Guna Minimalisir Laka Lantas

Sumenep, Jawa Timur

Sudah menjadi tradisi bagi masyarakat Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur dan sekitarnya, seminggu setelah merayakan Hari Raya Idul Fitri, atau yang biasa disebut Hari Raya Ketupat pasti akan mengunjungi lokasi destinasi wisata yang ada.

Bisa dipastikan tingkat kepadatan pengguna jalan raya akan melonjak drastis. Menyikapi hal tersebut, Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Sumenep, menghimbau pada masyarakat pengguna jalan raya agar meningkatkan kedisiplinannya dalam berlalu lintas. Rabu, 12/06.

AKP Deddy Eka Aprianto, SH, Kasat Lantas Polres Sumenep mengatakan, pihaknya menghimbau kepada seluruh pengguna jalan agar selalu mematuhi rambu-rambu lalu lintas disepanjang jalan menuju tempat wisata.

Menurut Kasat, banyak hal yang menjadi penyebab utama Laka Lantas, sebagian besar diakibatkan oleh Human Eror. Pengendara yang tidak disiplin dalam mematuhi peraturan lalu lintas mendominasi terjadinya Laka Lantas di Sumenep.

“Para pengendara jangan menggunakan telepon seluler saat berkendara, jangan mengendarai dibawah pengaruh alkohol, minuman keras dan narkoba, mengemudi kendaraan dibawah umur , dan melaju dengan kecepatan melebihi batas maksimal,“ ujarnya.

Ditegaskan pula khusus bagi pengendara motor, sangat diharuskan untuk selalu menggunakan helm yang SNI. Dan yang tidak kalah penting, kenakan sabuk oengaman bagi pengguna kendaraan roda empat.

“Dengan selalu tertib berlalulintas, maka angka kecelakaan di jalan raya pasti akan menurun,” pungkasnya.

(and)