Babinsa Pragaan Membantu Membersihkan Atau Mencabuti Gulma Rumput Bersama Petani di Sawah

Sumenep, Jatim | suaranasionalnews.co.idBabinsa Koramil 09/Pragaan Kodim 0827/Sumenep Babinsa Desa Pragaan Laok yaitu Sertu Wiratama Wijaya melaksanakan pendampingan membantu petani membersihkan rumput-rumput yang tumbuh di sekeliling dan di sekitar tanaman padi. Minggu (24/12/2023).

Babinsa koramil 09/Pragaan ini membantu petani membersihkan Rumput Rumput yang tumbuh di sekitar tanaman padi di sawah bapak Akmo salah satu anggota poktan di Desa Pragaan Laok.

Bersama pemilik sawah dan di dampingi Babinsa Desa Pragaan Laok yaitu sertu Wiratama Wijaya,beliau menjelaskan bahwa gulma atau Rumput Rumput yang tumbuh di sekitar tanaman padi adalah salah satu kendala utama dalam memperoleh hasil yang tinggi dalam budi daya padi di sawah.

Persaingan gulma atau rumput rumput dengan padi dalam masa pertumbuhan hingga masa pematangan sangat besar sekali pengaruh nya terhadap penurunan hasil panen. Menurut nya persaingan antara gulma atau rumput itu sendiri dengan padi sangat mengganggu pertumbuhan padi.Selain itu ada beberapa gulma atau rumput yang dapat di gunakan atau di jadikan tanaman inang oleh hama dan penyakit tanaman padi sehingga bila di biar kan dan tanpa di kendalikan maka kerugian akan melanda petani.

“Pengendalian gulma dan rumput rumput sawah pada umumnya sudah di lakukan oleh para Babinsa dan para petani baik dengan penggunaan tenaga tangan manusia dan penyiangan tangan atau dengan peralatan khusus landak atau gasruk ataupun cara kimiawi dengan menggunakan obat herbisida,” agar tanaman padi akan tumbuh subur dan diharapkan hasil panen maksimal,” imbuhnya. (Pendim 0827/Sumenep)