TNI Berikan Wawasan Kebangsaan Kepada 50 Pelajar SDN Aeng Panas

Sumenep, Jatim | suaranasionalnews.co.idBabinsa Koramil 0827/09 Pragaan Sertu Rahmad memberikan pemahaman mengenai wawasan kebangsaan kepada 50 pelajar SDN Aeng Panas, Kecamatan Pragaan, Kabupaten Sumenep.

Ia memberikan materi empat pilar kebangsaan dan penanaman jiwa nasionalisme.

Sertu Rahmad meminta kepada para siswa agar setiap harinya mengimplementasikan dan memaknai terkait empat pilar kebangsaan yaitu Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tinggal Ika dan NKRI. Ia juga meminta kepada para pelajar yang hadir untuk kembali melihat tugas dasar kewarganegaraan.

“Sebagai upaya wujudkan cinta Tanah Air, kita punya basis konstitusi yang jelas terkait semangat bela negara,” katanya. Senin (6/11/2023).

Hal tersebut sesuai dengan amanat Undang-Undang Dasar 1945 Pasal 27 Ayat 3 bahwa setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya bela negara.

Selain itu, dalam Pasal 30 Ayat 1 disebutkan setiap warga negara berhak ikut serta dalam upaya pertahanan keamanan negara.

“Apa bentuk bela negara bagi pelajar? Sederhana saja. Belajar dengan baik, tidak terlibat tawuran antar pelajar, jauhi narkoba dan sebagainya,” ucap Sertu Rahmad.

Implementasikan juga nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, baik di rumah, lingkungan sekitar, sekolah dan dalam lingkup pergaulan dengan teman-teman kalian.

“Tanamkan dalam diri kalian dengan budi pekerti yang luhur,” jelasnya. (Pendim 0827/Sumenep)