Tekan Peredaran Rokok Ilegal, Pemkab Sumenep Sebar Poster Informasi ke Masyarakat

Sumenep, Jatim|suaranasionalnews.co.id Guna menekan peredaran rokok ilegal, tim gabungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep, Jawa Timur, turun ke sejumlah toko untuk memasang poster berisi himbauan/larangan serta informasi ciri-ciri rokok ilegal yang beredar luas di masyarakat.

Kepala Satuan (Kasat) Polisi Pamong Praja (Pol PP) Kabupaten Sumenep, Ach. Laili Maulidy mengatakan, ciri-ciri rokok ilegal, salah satunya pita cukai palsu, pita cukai berbeda, pita cukai bekas rokok polos atau tanpa pita cukai.

Sesuai pasal 54 Undang-Undang Nomor 39 Tahun 2007 tentang cukai disebutkan, setiap orang yang menawarkan, menyerahkan, menjual atau menyediakan untuk dijual barang kena cukai yang tidak dikemas untuk penjualan eceran atau tidak dilekati pita cukai atau tidak dibubuhi tanda pelunasan cukai dalam Pasal 29 Ayat (1) disebutkan pidana penjara paling singkat 1 (satu) tahun dan paling lama 5 (lima) tahun atau pidana denda paling sedikit 2 (dua) kali nilai cukai dan paling banyak 10 (sepuluh) kali nilai cukai yang seharusnya dibayar.

“Tim sudah mulai memasang poster atau pamflet di sejumlah toko. Pamflet itu berisi ciri-ciri rokok ilegal yang dilarang untuk beredar,” kata Laili Maulidi.

Menurutnya, poster yang disebar juga berisi kalimat perintah “Laporkan peredaran rokok ilegal ke Kantor Bea dan Cukai terdekat”, yang dilengkapi logo Pemerintah Kabupaten Sumenep, Direktorat Jenderal Bea dan Cukai serta Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten setempat.

“Pamflet rokok ilegal yang dipasang di sejumlah toko itu untuk pendataan dan pengumpulan informasi peredaran barang kena cukai ilegal di Kabupaten Sumenep. Itu juga bentuk anjuran dan sosialisasi dan pengumpulan data akan dikirim ke bea cukai,” ucapnya.

Lebih lanjut ia memaparkan, penindakan terhadap adanya peredaran rokok ilegal, pihaknya mengaku bukan kewenangannya, Satpol PP hanya memberikan sosialisasi dan imbauan kepada toko.

“Penindakannya kewenangan bea cukai, kami hanya mendata dan memberikan imbauan,” paparnya, Rabu (07/09/2022).

Ia berharap, dengan kegiatan tim tersebut peredaran rokok ilegal itu bisa ditekan sedemikian rupa. Sebab, cukai rokok tersebut banyak mendukung terhadap program pemerintah.

“Semoga mereka yang membuat rokok tanpa cukai, segera mengurus cukai agar legal. Kami dari tim memberikan pemahaman kepada para pihak terkait. Semoga ini bisa dipahami,” harapnya. (And, Nit)