Babinsa Koramil 10/Ambunten Monitoring evaluasi APBDes Semester I Desa Campor Timur

Sumenep, Jatim | suaranasionalnews.co.idBabinsa Koramil 10/Ambunten Kodim 0827/Sumenep Koptu Kanto Iswahyudi melaksanakan kegiatan Monitoring dan Evaluasi Pelaksanaan APBDes Tahun Anggaran 2023 yang diikuti oleh 20 orang di Kantor Desa Campor Timur Kecamatan Ambunten, Kabupaten Sumenep, Senin (31/7/23).

APBDes adalah Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa yang telah disusun melalui Musyawarah Desa. Dalam APBDes terdapat arah kebijakan pembangunan desa, dan kegiatan ini meliputi penyelenggaraan pemerintahan desa, pembangunan desa, pembinaan kemasyarakatan desa dan kegiatan pemberdayaan masyarakat yang akan dilakukan oleh pemerintah desa.

Pelaksanaan evaluasi APBDES bertujuan sebagai wadah dalam memonitoring (Fungsi pengawasan) dan mengevaluasi serta pengecekan penggunaan Dana desa (DD) dan anggaran dana desa (ADD). Kegiatan ini Guna untuk mengecek bentuk fisik yang sudah dibangun serta Pengecekan yang non fisik.

“Bahwa monitoring dan evaluasi yang kami lakukan ini bertujuan untuk mengetahui secara langsung sejauh mana pelaksanaan program di desa serta untuk memantau apakah dalam pelaksanaannya sudah sesuai dengan rencana anggaran biaya (RAB) atau tidak,”ungkap Babinsa. (Pendim 0827/Sumenep)