Babinsa Pragaan Dampingi Giat Eliminasi TBC dan Stunting

Sumenep, Jatim | suaranasionalnews.co.idBabinsa Koramil 0827/09 Pragaan Sertu Wiratama melakukan pendampingan Dinkes Kabupaten Sumenep dan Nakes PKM Kecamatan Pragaan pada kegiatan Gerakan Eleminasi Tuntaskan TBC dan Stunting (GETTS).

Kegiatan berlangsung di LPI Nurul Makmur, Dusun Cecek, Desa Prenduan, Kecamatan Pragaan, Kabupaten Sumenep. Kamis (31/8/2023).

Babinsa Sertu Wiratama mengatakan saat ini Dinkes Kabupaten Sumenep gencar melakukan penurunan stunting dengan cara mengeliminasi TBC.

Menurutnya, TBC sangat mempengaruhi stunting. Apabila angka TBC turun, angka stunting diyakini juga akan turun.

“Misal kalau kena TBC, anak gak mau makan. Akhirnya gizi tidak tercukupi dan terjadilah stunting,” katanya.

Pada pengecekan kali ini menyasar mulai dari usia dini hingga lanjut usia. Adapun kegiatan saat ini melakukan penyuntikan dan pemberian obat terhadap masyarakat terindikasi penyakit TBC.

“Tercatat sebanyak 5 orang yang di suntik, setelah itu di kasih obat,” pungkas Sertu Wiratama.

Mengenai stunting, Ia meyakini, apabila angka stunting bisa dicegah, maka akan berdampak pada banyak hal. Diantaranya indeks pembangunan manusia (IPM), angka kemiskinan, serta pengangguran terbuka.

Untuk kegiatan GETTS kali ini melibatkan semua lapisan Dinkes, Camat Pragaan, Babinsa, Bhabinkamtibmas, PPNI dan tim Nakes Puskesmas Pragaan.

“Semuanya hadir disini,menyaksikan langsung proses penanganan TBC dan stunting, kami optimis, Sumenep mampu mengeliminasi TBC dan menekan angka stunting ” tutup Babinsa Sertu Wiratama. (Pendim 0827/Sumenep)