Babinsa Dampingi Tim Puskesmas Sukseskan Program Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS)

Sumenep, Jatim | suaranasionalnews.co.idDalam upaya turut serta dalam mendukung program pemerintah Babinsa Koramil 23/Giligenting Sertu M Supriadi aktif melaksanakan pendampingan pelaksanaan Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) di wilayah Kecamatan Giligenting salah satunya di SDN Lombang, Desa Giliraja, Kecamatan Giligenting, Kabupaten Sumenep. Kamis (31/08/23).

Vaksin Bias adalah kegiatan imunisasi lanjut pada anak sekolah dasar. Imunisasi yang di laksanakan yaitu imunisasi HPV (Human Papilloma Virus) untuk mencegah kanker mulut rahim. Imunisasi MR (Measles Rubella) untuk mencegah penyakit campak yang di laksanakan oleh petugas dari Puskesmas Giliraja.

Tujuan pemberian vaksin kepada anak ini antara lain adalah untuk membentuk antibodi atau kekebalan terutama terhadap penyakit campak dan rubella. Karena penyakit-penyakit tidak hanya dapat di alami mereka ketika masih bayi tetapi juga bisa terjadi saat mereka di usia sekolah.

Disela kegiatan tersebut Babinsa Sertu M Supriadi menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan upaya pemerintah dalam pemeliharaan kesehatan bagi anak dan balita sekaligus sebagai cermin para orang tua dalam meningkatkan kesadaran akan pentingnya kesehatan bagi anak agar mereka dapat tumbuh sehat.

“Kegiatan pendampingan ini merupakan bagian tugas kewilayahan yang harus dilakukan Babinsa. Kehadiran Babinsa dalam pelaksanaan imunisasi membawa pengaruh terhadap moril para anak-anak agar tidak merasa takut terhadap suntikan imunisasi untuk menimbulkan rasa percaya diri, demi kesehatan mereka, “ungkapnya. (Pendim 0827/Sumenep)