Babinsa Kunjungi Rumah Balita Stunting di Desa Pakondang

Sumenep, Jatim | suaranasionalnews.co.idBabinsa Koramil 0827/13 Rubaru Kopda Kalvori mendampingi tim nakes dari UPTD Puskesmas Rubaru melakukan kunjungan rumah balita stunting.

Kegiatan berlangsung di Desa Pakondang, Kecamatan Rubaru, Kabupaten Sumenep di ikuti puluhan keluarga balita stunting. Minggu (15/10/2023).

Babinsa Kopda Kalvori mengatakan kegiatan yang dilakukan meliputi pembinaan dan konsling secara mendalam terhadap keluarga si bayi/balita untuk bisa memperhatikan pola asuh bayi dan balita yang baik dan benar.

“Selain itu memberikan makanan tambahan berupa susu terhadap bayi dan balita tersebut agar suplemen makan lebih lengkap didapat guna mendorong tumbuh kembang anak lebih cepat, sehingga setiap bulannya dapat perkembangan sesuai dengan tumbuh kembang anak biasanya,” ujarnya.

Kopda Kavalori menjelaskan tujuan dari kegiatan ini adalah mengecek kemajuan pertumbuhan balita tersebut mulai dari berat badan, lingkar kepala, dan status gizinya.

“Kunjungan ini nantinya akan dilakukan secara berkala dengan jadwal kunjungan setiap 2 minggu sekali untuk mengecek kembali kondisi bayi dan balita maupun terhadap tanggapan dari keluarga bayi dan balita tersebut,” jelasnya.

Pihaknya berujar dengan adanya kunjungan ini nantinya diharapkan ada perubahan yang signifikan pada perkembangan balitanya.

Dengan harapan melalui kegiatan pendampingan ini sebagai upaya pemberdayaan keluarga agar menumbuhkan sikap dan menerapkan tindakan stunting menjadi sesuatu yang penting.

“Tentunya ini sangat positif, keluarga Balita merasa termotivasi untuk meningkatkan pengetahuan dalam pencegahan stunting, dan mereka menerima kehadiran tim pendamping keluarga dengan baik untuk memperoleh informasi terkait faktor risiko stunting,” tutup Kopda Kalvori. (Pendim 0827/Sumenep)