Babinsa Dampingi Posyandu Balita, Lansia Dan Ibu Hamil

Sumenep, Jatim | suaranasionalnews.co.idBabinsa Desa Kombang Koramil 02/Kalianget Kodim 0827/Sumenep Koptu Lukito melaksanakan pendampingan kegiatan Posyandu Balita, ibu hamil dan lansia yang bertempat di Dusun Lembana Desa Kombang Kecamatan Kalianget Kabupaten Sumenep, Jumat (15/03/2024).

Koptu Lukito, mengungkapkan kegiatan Posyandu sebagai wadah pemeliharaan kegiatan kesehatan dasar yang diselenggarakan dari puskesmas setempat khususnya bidan desa untuk masyarakat.

“Sebagaimana dijelaskan petugas kesehatan, bahwa tujuan Posyandu itu sendiri antara lain untuk menurunkan angka kematian bayi (AKB), angka kematian ibu hamil, melahirkan dan nifas, serta untuk usia lansia meningkatkan peran serta masyarakat untuk mengembangkan kegiatan kesehatan,” jelasnya.

Menurutnya, kegiatan Babinsa dalam melaksanakan pendampingan Posyandu khususnya Posyandu Balita diakui petugas kesehatan setempat jika sangat positif, karena bisa mengajak dan mengimbau masyarakat yang mempunyai balita untuk melaksanakan penimbangan bayinya. Sehingga perkembangan kesehatan bayi setiap bulannya bisa pantau serta kesehatan lansia yang rentan akan penyakit yang diderita.

Karena itu, Koptu Lukito berharap dengan Posyandu di setiap desa mampu mengatasi masalah kesehatan sampai ke lapisan paling bawah, baik tentang kesehatan balita serta lansia, ibu hamil maupun menekan angka kematian.

“Semoga dengan Posyandu akan selalu terwujud Balita yang sehat dan kuat sesuai program pemerintah, serta masyarakat lansia yang sehat, dikarena Balita khususnya merupakan cikal bakal yang kelak tumbuh dewasa dan akan ke generasi tua,” pungkasnya. (Pendim 0827/Sumenep)