Peringati Hari Jadi Sumenep Ke 753, Kasdim 0827/Sumenep Hadiri Haul Akbar dan Ziarah Ke Makam Raja-Raja

Sumenep, Jatim | suaranasionalnews.co.idKasdim 0827/Sumenep Mayor Inf Achmad Djailani menghadiri Haul Akbar dan Ziarah Ke Makam Raja-Raja dalam rangka peringatan Hari Jadi Kabupaten Sumenep ke-753 tahun 2022. Acara yang diprakarsai Pemkab Sumenep ini bekerjasama dengan pihak pengurus Asta Tinggi.

Acara haul dan ziarah tersebut dimulai pada pukul 19.30 WIB kamis (27/10/2022) malam diiukti sebanyak 150 orang. Haul tersebut dibuka untuk umum. Segenap masyarakat Sumenep dipersilakan hadir dan mengikuti jalannya acara sakral tahunan ini.

Kasdim 0827/Sumenep Mayor Inf Achmad Djailani mengatakan padanpelaksanaan haul ini sebagai bukti jika masyarakat Sumenep ini sangat menghargai pengorbanan para pendiri sebelumnya. Raja-raja yang sudah terbaring kembali kepangkuan Yang Maha Kuasa itu, adalah para pendiri Sumenep.

“Kini Kabupaten Sumenep sudah berumur 753 tahun yang telah dipimpin oleh 35 Raja dan 15 Bupati. Saat ini sudah banyak menunjukkan perkembangan yang lebih maju,” ujarnya. Jum’at (28/10/2022).

Haul akbar ini menurutnya, adalah untuk mendo’akan pendahulu yang telah membangun Sumenep pada zamannya masing-masing ratusan tahun silam.

“Ini sebagai sarana untuk mengingatkan kita akan jasa jasa para raja Pendahulu Sumenep, Ini harus dijadikan penyemangat untuk masyarakat, dan meneruskan perjuangannya,” tutur Kasdim.

Pelaksanaan haul akbar tahun ini dihadiri pimpinan forkopimda, keluarga keraton, tokoh Agama dan masyarakat, serta ratusan jama’ah.

Usai digelarnya haul dan Istighasah dilanjutkan melakukan ziarah ke makam raja-raja Sumenep yang berada di komplek pasarean Asta Tinggi Desa Kebunagung, Kecamatan Kota Sumenep. (Pendim 0827/Sumenep)