Akibat Cuaca Buruk, Babinsa Koramil 05 Lenteng Bersama Warga Siaga Bencana

SUMENEP – Akibat tingginya curah hujan yang melanda kawasan Sumenep yang terjadi pada hari Sabtu tanggal 31 Desember 2022 pukul 11.30 Wib mengakibatkan banjir diwilayah Kecamatan Lenteng dengan kondisi demikian, Babinsa Koramil 0827/05 Lenteng Serka Juli Teguh bersama rekan babinsa sigap terjun langsung dilapangan terdampak bencana untuk membantu Masyarakat yang terkena bencana alam banjir yang terjadi di wilayah binaannya dengan mengevakuasi barang-barang rumah tangga ketempat yang lebih tinggi/aman bersama dengan masyarakat sekitar. Minggu (01/01/2023).

Banjir yang terjadi di wilayah Kecamatan Lenteng yang terjadi karena meluapnya air dari Dalam sungai di perbatasan Desa jepun Kecamatan Lenteng dengan mengaliri sungai yang melewati Desa tersebut sehingga menggenangi persawahan juga rumah rumah penduduk serta jalan jalan di Desa Lenteng.

Akibat dampak banjir tersebut juga mengakibatkan kerugian material di Desa Lenten sehingga mengalami kerugian sekitar ratusan juta rupiah dan beberapa penduduk mengungsi ke Masjid karena rumahnya terendam banjir, selain itu banjir juga menggenangi persawahan di Desa benaresep sedangkan Desa Lenteng dalam pendataan terhitung ada 15 rumah warga terendam air setinggi 1/2 meter.

Dalam kejadian banjir di wilayah kecamatan Lenteng Babinsa Serka Juli Teguh dan rekan Babinsa lainnya langsung terjun dilokasi banjir serta menghimbau warga yang terkena banjir untuk di evakuasi ke titik aman, selain itu ia juga melaksanakan pendataan kerugian masih dalam pendataan kerugian yang dialami warganya serta melakukan langkah-langkah dengan berkoordinasi dengan Forkopimka dan Kepala Desa terdampak banjir serta berkoordinasi dengan BPBD Kabupaten Sumenep Relawan Bencana, Lingkungan sekitar serta Dinas Pengngairan, sementara dalam kejadian tersebut Korban jiwa Nihil.

Sementara itu Danramil 0827/05 Lenteng kapten Arh Catur Heri Wibowo yang berada di Lokasi Banjir mewakili Dandim 0827/Sumenep Letkol Czi Donny Pramudiya Mahardi S.E. menuturkan, dalam kejadian banjir di wilayah Kecamatan Lenteng ini kami menghimbau kepada seluruh masyarakat di sekitar wilayah Kecamatan Lenteng yang terkena banjir agar selalu waspada apabila curah hujan lebih deras dan ketinggian air di sungai mulai naik, agar masyarakat dapat mengungsi ketempat yang lebih aman.

“Kami selalu berkoordinasi dengan Dinas Intansi Terkait untuk membantu masyarakat yang membutuhkan pertolongan ataupun menggungsi dan Babinsa diwilayah Desa Binaannya akan selalu memonitor dan siap membantu masyarakat bagi yang terkena banjir,” tuturnya.