TNI Kerja Bakti Bantu Pemasangan Pipanisasi Air Bersih Di Juruan Daya

SUmenep, Jatim | suaranasionalnews.co.idBabinsa Koramil 0827/15 Batuputih kerja bakti memasang pipa air bersih yang disalurkan ke rumah-rumah warga di Dusun Talaran, Desa Juruan Daya, Kecamatan Batuputih, Kabupaten Sumenep. Rabu (27/12/2023).

Kerja bakti yang berlangsung sejak pagi hingga siang berlangsung penuh dinamis. Kegiatan juga melibatkan puluhan warga sehingga pelaksanaan berlangsung relatif cepat.

Salah satu Babinsa Koramil 0827/15 Batuputih Serka Moh. Soleh mengatakan pemasangan pipanisasi tersebut merupakan bantuan dari UNHAN untuk masyarakat Kurang Daya.

“Pipa itu nantinya untuk mengalirkan air bersih yang diambil dari sumber ke tandon kemudian dialirkan ke rumah-rumah warga,” kata Serka Moh. Soleh.

Serka Moh. Soleh mengatakan Pemasangan pipa air bersih itu sepanjang satu kilometer dengan dimensi 1,5 dim.

Menurutnya, pipa yang dipasang itu menggantikan saluran air yang lama, yang dinilai usang sehingga rentan mengalami kebocoran.

Selain baru, ukuran pipa yang dipasang saat ini jauh lebih bagus ketimbang sebelumnya.

“Kalau yang lama menggunakan paralon biasa ukurannya tiga perempat, kalau yang baru ini lebih besar dan tentunya lebih bagus, ukuran 1,5 dim,” ucapnya.

Dengan pemasangan pipa air bersih itu, lanjut Serka Soleh, diharapkan suplai air bersih ke beberapa titik di wilayah Dusun Talaran, Desa Juruan Daya lancar sehingga kekeringan di wilayah itu tak semakin meluas.

Sebab, di beberapa titik di Batu Putih mengalami krisis air bersih saat musim kemarau sehingga harus di droping air bersih.

“Pemasangan pipanisasi ini seluruhnya untuk 163 KK, diharapkan dengan pipa baru ini, pemenuhan kebutuhan air bersih bisa lebih lancar sehingga warga tak perlu lagi harus bersusah payah atau bahkan berjalan kaki cukup jauh untuk mendapatkan air bersih,” harapnya. (Pendim 0827/Sumenep)