TNI Bantu Perbaiki Saluran Drainase di Raas Demi Cegah Banjir

Sumenep, Jatim | suaranasionalnews.co.idBabinsa Koramil 0827/21 Raas Serka Hartono membantu masyarakat memperbaiki saluran drainase di Desa Brakas, Kecamatan Raas, Kabupaten Sumenep. Minggu (14/1/2024).

Aksi ini mereka lakukan bersama masyarakat setempat demi mencegah banjir ketika hujan mengguyur.

“Kegiatan ini dilaksanakan sebagai upaya mencegah terjadinya bencana banjir di wilayah dan menciptakan lingkungan yang sehat,” ujar Serka Hartono.

Serka Hartono mengatakan, setiap hujan mengguyur di wilayah Brakas kerap banjir. Makanya perbaikan saluran drainase ini diharapkan bisa mencegah hal tersebut terjadi.

“Karena memang saat ini sudah memasuki musim hujan, dan saluran ini rusak jadi kita perbaiki dan ini salah satu upaya pencegahan agar saluran air tidak terhambat oleh tumpukan sampah,” jelasnya.

Perbaikan saluran drainase dilakukan selama kurang lebih 5 hari secara swadaya masyarakat Brakas.

Serka Hartono menambahkan, kegiatan ini merupakan implementasi perintah dari Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak. Tujuannya untuk membantu masyarakat dalam mengantisipasi terjadinya bencana banjir.

“Ini wujud nyata kita di Raas untuk menghadirkan lingkungan yang bersih dan sehat serta bebas banjir. Sebab, jika kondisi lingkungan ada genangan air dan kotor dapat memicu timbulnya berbagai macam penyakit,” katanya. (Pendim 0827/Sumenep)