Optimalkan Pertumbuhan Jagung Melalui Pemupukan ke Tiga

Sumenep, Jatim | suaranasionalnews.co.idBerlokasi di Dusun Ares Tengah, Desa Totosan Barat, Kecamatan Batang Batang, Babinsa Koramil 0827/14 Batang-Batang Kopda Zaini membantu petani melakukan pemupukan ke 3.

Pemupukan dilakukan untuk mengoptimalkan pertumbuhan dan produktivitas tanaman jagung komposit sebagai upaya penambahan unsur hara esensial dari luar.

Kopda Zaini mengatakan pemupukan yang dilakukan saat ini yaitu memasuki tahap yang ke-3 menggunakan jenis urea karena umur tanaman sudah mencapai 45 HST.

“Pemupukan tahap 3 ini dimana berfungsi untuk pembentukan buah jagung, oleh karena itu unsur posfor perlu ditingkatkan dan unsur Nitrogen dikurangi dan hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan pemupukan adalah waktu, dosis, cara dan jenis pupuk yang digunakan,” ujarnya. Minggu (14/1/2024).

Kopda Zaini mengatakan kondisi tanaman saat dilakukan pemupukan menunjukkan gejala yang normal, hal ini membuktikan bahwa aplikasi unsur hara untuk pupuk pertama dan kedua telah diserap oleh tanaman dengan baik.

“Kami liat tanaman jagung tadi semuanya normal, tidak ada indikasi stagnan, artinya pola pemupukan sebelumnya sudah sesuai aturan,” ucapnya. (Pendim 0827/Sumenep)