TNI Bantu Bangun Saluran Air Guna Antisipasi Banjir Di Kolpo

Sumenep, Jatim | suaranasionalnews.co.idBabinsa Koramil 0827/14 Batang-Batang Serda M. Rifai bantu membangun saluran air di sekitar balai Desa Kolpo, Kecamatan Batang-Batang, Kabupaten Sumenep. Selasa (5/12/2023).

Serda M. Rifai mengatakan, pembangunan saluran air itu untuk mengatasi masalah banjir yang saat ini sedang memasuki musim hujan.

“Yang jelas saluran air untuk mempermudah lajunya air, mudah-mudahan tidak terjadi banjir,” katanya.

Menurutnya, berdasarkan pengalaman sebelumnya di tempat lain, pembangunan saluran air ini terbukti ampuh untuk mengatasi masalah banjir saat hujan melanda.

“Seperti di tempat lain, dengan adanya saluran air masyarakat sudah tidak merasakan banjir meskipun hujan intensitas tinggi, jadi airnya itu langsung bermuara ke sungai,” ujar Serda Rifai.

Pihaknya menuturkan, pembangunan saluran air itu memiliki panjang total sekitar 50 meter, lebar 90 cm, dan tinggi 1 meter. Pekerjaan saluran air tersebut dilakukan secara bertahap.

Nantinya saluran air itu terhubung ke sungai di sekitaran Desa Kolpo untuk mengalirkan air yang biasanya menggenang di sekitar balai.

“Kita bantu tuntaskan pembangunan saluran air ini sampai selesai. Kalau dulu kan suka banjir, harapannya nanti saat hujan airnya langsung tembus ke sungai,” pungkas Serda M. Rifai. (Pendim 0827/Sumenep)