Melalui Komsos Babinsa Koba Ulu Lakukan Pemutakhiran Data

Kutai Kartanegara | suaranasionalnews.co.id Anggota babinsa koramil 0906-09/Kota Bangun Kopda Eko melakukan kegiatan komunikasi sosial (komsos) bersama Ibu Tri Merlinda Sari selaku ahli gizi di salah satu puskesmas yang berada di jalan Ahmad Yani rt. 8 Desa Kota Bangun Ulu dalam rangka melengkapi data data yang di perlukan tentang stunting yang di wilayah binaannya, Senin 25/3/24.

Kegiatan komsos yang di lakukan tersebut bertujuan untuk mencari informasi yang lebih valid tentang stunting sehingga harapannya data yang ada di puskesmas dapat singkron dengan data yang ada pada babinsa sehingga sewaktu waktu bila di perlukan data tersebut bisa di gunakan karena sudah sesuai dengan yang ada di dinas kesehatan khususnya puskesmas.

Kopda Eko mengatakan dengan adanya pendataan seperti ini bisa mendapatkan data yang lebih akurat sehingga penanganan terhadap anak stunting dapat di lakukan dengan benar dan tepat sehingga harapannya anak anak tersebut bisa di tangani dengan benar dengan memberikan asupan makanan yang bergizi dan selalu rutin melakukan penimbangan berat badan untuk pemantauan pertumbuhan dan perkembangan balita dan anak ucapnya.

Ia juga menambahkan bahwa stunting bisa di cegah dengan cara para ibu hamil harus berprilaku hidup bersih serta sehat dan selalu mengkomsumsi makanan yang bergizi, sedangkan pada balita di bawah 2 tahun harus memperoleh Asi, rutin melakukan imunisasi, selalu di berikan olahan protein tambahnya.

Terjadinya permasalahan stunting timbul karena kurangnya pemahaman terhadap pentingnya perencanaan kehamilan dalam keluarga baru dimana gaya hidup mereka masih belum baik dan belum ada kesiapan dan pentingnya pemberian ASI ekslusif selama 6 bulan setelah melahirkan dan dilanjutkan dengan asupan makanan sehat dan gizi seimbang sesuai dengan tumbuh kembang anak ujar Melinda. (Kodim 0906/Kkr)