Komsos TNI, Bantu Masyarakat Membuat Kandang Ternak Kambing

Sumenep, Jatim | suaranasionalnews.co.idMenjadi solusi dan mengatasi kesulitan masyarakat adalah tugas bagi Babinsa di wilayah Sumenep.

Hal itu merupakan bagian dari metode pembinaan teritorial yang memiliki tujuan memelihara komunikasi dan silahturahmi TNI dengan masyarakat.

Dia adalah Serka Ismanto Babinsa Koramil 0827/09 Pragaan yang selalu hadir di tengah-tengah kesulitan masyarakat dengan membantu membuat kandang ternak kambing di Desa Pakamban Daya, Kecamatan Pragaan, Kabupaten Sumenep. Minggu (17/3/2024).

Serka Ismanto mengatakan pembuatan kambing ternak yang ia lakukan bersama masyarakat binaannya menggunakan sistem panggung.

Kelebihan penggunaan kandang panggung adalah lebih bersih untuk domba ataupun kambing.

“Dengan tidak langsung menyentuh tanah, maka kaki kambing atau domba terhindar dari kotoran atau parasit. Selain itu, kandang panggung juga lebih mudah dibersihkan,” katanya.

Menurutnya, kondisi kandang sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan kambing. Salah satunya adalah soal kandang sebagai tempat tinggal kambing.

“Kandang ini nantinya untuk proses penggemukan, berukuran panjang 5 meter dan lebar 3 meter, cukup untuk menampung 5-10 ekor kambing yang sedang dalam proses penggemukan,” ungkap Serka Ismanto.

Dia juga mengatakan, dengan keterlibatannya membantu masyarakat binaan bisa meringankan pekerjaannya.

“Ini bentuk kemanunggalan kita dengan rakyat, kesulitan rakyat juga kesulitan saya, maka dari itu kita harus hadir membantu mereka,” imbuh Serka Ismanto. (Pendim 0827/Sumenep)