Babinsa Bantu Petani Semprotkan Insektisida Pada Tanaman Jagung

Sumenep, Jatim | suaranasionalnews.co.id Babinsa Koramil 0827/12 Dasuk Serka Wahyono membantu petani melaksanakan kegiatan penyemprotan Pestisida pembasmi hama dan penyakit pada tanaman jagung.

Penyemprotan dilakukan di lahan milik bapak Asnawi seluas 1 Hektar di Dusun Tengah, Desa Sema’an, Kecamatan Dasuk, Kabupaten Sumenep. Senin (3/4/2023).

Hama tanaman jagung merupakan salah satu kendala yang sangat mengganggu dalam usaha pertanian, serangannya pada tanaman datang sewaktu-waktu.

Seringkali dapat mematikan seluruh tanaman dan dapat menimbulkan gagal panen.

Babinsa Serka Wahyono mengatakan hama jenis ini menyerang tanaman jagung muda bisanya pada malam hari, sedangkan pada siang harinya bersembunyi di dalam tanah.

Ulat tanah menyerang batang tanaman jagung muda dengan cara memotongnya, sehingga sering dinamakan juga ulat pemotong.

“Hama ini menyerang tanaman umur 1-3 minggu, dengan cara menyerang dan memotong pangkal batang pada waktu malam hari, siang hari ulat bersembunyi dalam tanah,” ujarnya.

“Dengan adanya upaya penyemprotan ini lanjut Serka Wahyono mudah-mudahan hama mengganggu pada tanaman jagung mati dan tanamannya subur sehingg bisa panen dengan maksimal,” tutupnya. (Pendim 0827/Sumenep)