Atasi Hama, TNI Bantu Semprotkan Insektisida Pada Tanaman Cabai

Sumenep, Jatim | suaranasionalnews.co.idPetani cabai di Desa Banasare, Kecamatan Rubaru, Kabupaten Sumenep terpaksa harus mengocek modal lebih dalam dari modal sebelumnya.

Hal ini dilakukan untuk melakukan penyemprotan lebih ekstra agar bisa menyelamatkan tanaman cabainya setelah daun dan buah cabai diserang hama ulat.

Babinsa Koramil 0827/13 Rubaru Kopda Kalvori yang turut membantu menyemprotkan insektisida pada tanaman cabai mengatakan hama itu menggerogoti hingga daun rusak dan mengerdil. Selain daun, buah cabainya pun ikut diserang, tumbuhnya tidak sempurna.

“Ini ulatnya lumayan banyak, kalau dibiarkan cabainya membusuk, ini daunnya juga pohonnya jadi kerdil,” ujar Kopda Kavlori saat melakukan penyemprotan di kebun petani, Minggu (5/11/2023).

Masih kata Kopda Kavlori, pada penyemprotan kali ini, petani menghabiskan satu botol obat pembasmi hama. Ini dilakukan secara rutin agar hamanya cepat habis.

Ia mengungkapkan selain hama yang menyerang, juga kesulitan pasokan air di musim kemarau menambah tantangan para petani.

“Mungkin ini karena faktor cuaca juga jadi hamanya susah dikendalikan sama air, kan cuaca panas, mudah-mudahan setelah di semprot pertumbuhan tanaman cabainya berlangsung normal sehingga hasil panen berlimpah,” ungkapnya. (Pendim 0827/Sumenep)