H Hamulian-M Sahril Topan Didukung Komunitas Ikatan Seni Budaya Rohul, Ini Harapan Sesepuh Etnis Jawa

Rokan Hulu | suaranasionalnews.co.idKampanye dialogis Pasangan Calon Bupati-Wabup Rohul H Hamulian SP-M Sahril Topan ST yang diusung Partai Golkar dan PPP, di Desa Bangun Jaya, Kecamatan Tambusai Utara, Kabupaten Rohul, Senin (30/11/2020), berjalan dengan khidmat.

Pasalnya, pada giat kampanye kali, langsung dihadiri, Cawabup M Sahril Topan ST, di dampingi, Sesepuh Etnis Jawa  Rohul Sugiyarno, SP,  MSi, Ketua PK Golkar Tambusai Utara, Ketua PK Golkar Tambusai dan lainnya.

Pada kesempatan ini, ada yang tampil berbeda, karena langsung didukung dan melibatkan komunitas Ikatan Seni Budaya Rohul, terutama kesenian Reok dan  seni tari Kuda Lumping.

Ketika itu,  Sesepuh Etnis Jawa Rohul Sugiyarno, SP, MSi  menyampaikan  dalam Misi H Hamulian-M Sahril Topan ST atau yang akrab dengan sebutan  Hartop  ini berkomitmen untuk mengaktualisasikan nilai-nilai agama, seni budaya, pariwisata serta wisata religi.

“Tentu outputnya untuk meningkatkan potensi PAD Rohul, hal ini disambut baik oleh Masyarakat Rohul, terutama seni Reok dan Kuda Lumping yang tergabung dalam Ikatan Seni Budaya Rohul,” kata Sugiyarno, SP, MSi yang juga pernah menjabat Kadis Kehutanan dan Perkebunan Rohul pada masanya.

Lanjutnya, dalam dialog dengan Masyarakat sesepuh Etnis Jawa memohon kepada paslon Nomor  1 setelah duduk nanti diminta agar tetap mengedepankan adat-istiadat dan budaya dalam memimpin nanti.

“Kemudian selalu membudayakan masyarakat sebagai Adat Timur  Ingarso Sun Tulodo di depan pemimpin sebagai contoh (Panutan masyarakatnya) Ingmadyo Bangun Kerso kalau berada di tengah-tengah masyarakat pemimpin harus bisa membaur dan melindungi rakyatnya,” ungkap Sugiyarno SP MSi yang juga menjabat Ketua IKJR Rohul.

“Contohnya, budayakan gotong-royong sedang Tutwuri Handayani, pemimpin harus mau dan siap di belakang untuk memberikan motivasi kepada rakyatnya,” sebutnya.

Sehingga, katanya pemimpin juga harus jeli dalam membaca sikon, sikomdom, sikontoll panjang mati artinya (Situasi, Kondisi, Domisili dan Toleransi Panjang Jangkauan Masyarakyat Timur).

“Karena seorang kepala daerah itu anatara bupati dengan wakil bupati adalah sebagai suami-istri, karena 1 paket atau bagaikan keluarga di dalam  rumah tangga, sehingga harus mampu menjaga rumah tangganya,” paparnya.

“Tujuannya agar tetap harmonis, sehingga kalau bisa menjaganya kata budaya Jawa Kae Lo Hartop pantes Kanggo Patuladan (Panutan) Sucining Jujur Mligi Kanggo Pembangunan artinya Itu lho Hartop pantas Hartop itu sebagai contoh Masyarakyat,”ujarnya

“Sehingga karena bersih dan kejujurannya hanya untuk pembangunan semata, sesuai misi H Hamulian-M Sahril Topan ST yang pertama peningkatan kinerja dan kesejahteraan Masyarakat melalui pemerintahan yang baik dan pemerintahan yang bersih,” tuturnya.

Sementara itu, di tempat yang sama Cawabup M Sahril Topan ST menyampaikan terimakasih kepada kepada seluruh masyarakat Rohul yang begitu antusias untuk memenangkan nomor 1.

“Buktikan kita sepakat dan setuju untuk menjadikan Negeri ini lebih baik, tak ada kekuatan apapun kalau  kita tidak kompak. Maka  tak ada kata lain kita harus bersatu,” tegasnya, terlihat ketika M Sahril Topan ST begitu senang karena langsung disambut seni badaya Reok dan Kuda Lumping.

“Tujuan kita untuk Rokan Hulu lebih baik, saya sayang dengan Kabupaten kita ini, saya ingin Kehidupan rakyat Rohul lebih baik dan kita pasti ingin memberikan yang terbaik untuk daerah yang sama-sama kita cintai ini,” pungkasnya.

“Untuk kembali saya ingatkan seluruh elemen dan komunitas masyarakat baik etnis, budaya, agama dan lainnya, mari bersatu, pada 9 Desember 2020, Coblos Nomor 1, di sana ada gambar H Hamulian SP-M Sahril Topan ST berwarna kuning,” tutupnya mengakhiri. (Leodepari)