Melalui Materi Wasbang Babinsa Sidorejo Koramil Penajam bersama DPRD Kaltim Ajak Warga Tingkatkan Persatuan dan Kesatuan Bangsa

PENAJAM – Salah satu upaya dalam meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan bangsa di tengah-tengah masyarakat adalah dengan memberikan pengetahuan tentang makna dari sila-sila yang terdapat pada Pancasila itu sebagai Dasar Negara kita.

Hal inilah yang di sampaikan oleh Babinsa Koramil 0913-01/Penajam Kodim 0913/PPU Sertu Djatmiko pada kegiatan Wawasan Kebangsaan kepada warga Kelurahan Sidorejo, Kelurahan Petung, dan Kelurahan Tanjung Tengah dengan materi Pancasila, di Aula Kelurahan Sidorejo, Kecamatan Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Senin (12/12/2022).

Kegiatan ini dihadiri oleh DPRD Kaltim Ibu Herliana Yanti, Adi fitriansyah dari BPIP Kab. PPU, Bapak Roni, Ketua GP Ansor Kab. PPU, Sekdes Desa Sidorejo, warga Desa Sidorejo, Desa Petung, dan warga Desa Tanjung Tengah.

Dalam pemberian materi wasbang tersebut Sertu Djatmiko menyampaikan, “Adapun tujuan penyampaian materi ini adalah untuk memberi pengetahuan kepada seluruh masyarakat tentang sila-sila dari Pancasila khususnya sila ketiga yaitu Persatuan Indonesia, yang kini semakin lama semakin di lupakan oleh masyarakat, khususnya para generasi muda.

Pada kesempatan tersebut Sertu Djatmiko mengajak kepada selurah warga ”Mari kita amalkan butir -butir sila dari Pancasila itu didalam kehidupan kita sehari-hari, kita tingkatkan rasa persatuan dan kesatuan kita sehingga kita tidak mudah di pecah belah oleh bangsa lain”.

“Di dalam sila Pancasila itu sudah terdapat tatanan kehidupan kita ,dari sila pertama sampai sila kelima, tinggal bagaimana kita melakukannya di dalam kehidupan kita dan di dalam pergaulan kita sehari-hari”, jelasnya.

Di akhir kegiatan Sertu Djatmiko menyampaikan “Walaupun kita berbeda suku, agama, Ras dan golongan kita harus bisa hidup bersama berdampingan di dalam kebinekaan ini, sehingga setiap permasalahan dapat kita hadapi dengan semangat persatuan dan kesatuan” pungkas Sertu Djatmiko.

(Sumber : Dim 0913/PPU)