Jaga Produktifitas Lahan, Babinsa Lanjuk Dampingi Petani Membuat Pupuk Organik

Sumenep, Jatim | suaranasionalnews.co.idPenggunaan pupuk kimia yang dilakukan secara terus menerus berdampak pada menurunnya kualitas tanah dan hasil produksi pertanian. Hal ini diperlukan sebuah terobosan dan edukasi kepada masyarakat petani akan pentingnya menjaga kualitas tanah dengan membuat pupuk berbahan organik untuk mengembalikan kesuburan tanah.

Guna mengatasi akan hal tersebut, Babinsa Lanjuk Koramil 03/Manding Sertu Nursa’i bersama masyarakat petani di wilayah binaan melaksanakan pembuatan pupuk organik sebagai pengganti pupuk kimia.

Kegiatan pembuatan pupuk organik ini dengan melibatkan warga, Desa Lanjuk, Kecamatan Manding, Kabupaten Sumenep, Minggu (25/02/2024).

Babinsa Sertu Nursa’i mengatakan pembuatan pupuk organik ini sebagai solusi untuk mengatasi ketergantungan petani dari penggunaan pupuk kimia dan diharapkan mampu menghemat biaya produksi usaha pertanian sekaligus mengedukasi petani tentang pentingnya menjaga produktifitas lahan.

“Pendampingan langsung kepada masyarakat petani ini saya lakukan mulai dari proses penyiapan, pembuatan pupuk, proses fermentasi pupuk hingga menjadi pupuk organik yang dapat digunakan” Ucap Nursa’i.

Babinsa Sertu Nursa’i berharap para petani harus merubah pola pikir mereka dalam bertani terutama dalam hal penggunaan pupuk yang tepat dan dapat mempertahankan serta meningkatkan kesuburan tanah yaitu dengan pupuk organik.

“Kelebihan pupuk organik karena bahan baku mudah di dapat di alam sekitar dan proses pembuatan tidak terlalu sulit karena hanya memerlukan pupuk kandang, sekam padi, gula air, dedaunan hijau dan jerami” Pungkas Nursa’i. (Pendim 0827/Sumenep)