Ipda Herman, Pelatih Paskibraka Parepare Dulu Anak Petani Kini Jadi Perwira Polisi

Parepare, Sulawesi Selatan

Di besarkan dari keluarga yang sederhana di Desa terpencil, Sidomulyo, Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan (Sulsel), tak mengendurkan semangat Suherman, yang sejak kecil bercita-cita ingin menjadi anggota Polisi.

Perwira Polisi berpangkat Inspektur Dua (Ipda), itu menceritakan perjalanan hidupnya hingga mencapai cita citanya itu. Suherman lahir di Bumi Lasinrang Pinrang 40 tahun silam. Dia seorang anak petani padi di Desanya.

Meski tidak pernah bermimpi suatu saat akan bergabung di institusi Kepolisian, namun berkat dukungan keluarga disertai dengan kemauan dan semangat akhirnya cita citanya itu terwujud.

“Sebagai anak dari keluarga petani tentu waktu itu kita tidak pernah bermimpi seperti sekarang ini. Ya hanya sekedar cita-cita, tapi kita memiliki kemauan besar dibarengi usaha dan doa,” ungkap Herman, saat ditemui di selasela kegiatannya melatih anggota Paskibraka Parepare. Rabu (24/7/2019).

Lulus Sebagai Bintara Polisi tahun 2001 lalu, pelatih paskibraka Parepare itu mengawali tugas Kepolisian di Mapolres Pinrang. Herman banyak menghabiskan tugas di Bagian Reskrim Mapolres tanah kelahirannya. Tahun 2003 hingga 2012 ia di Bagian Reskrim Kemudian di Satuan Narkoba.

Ayah dua anak itu kemudian melanjutkan pendidikan Perwira Kepolisian di Sukabumi selama 7 bulan tahun 2017 lalu.

Selepas pendidikan Perwira ia kemudian ditempatkan di Mapolda Sulawesi Selatan. Dan saat ini, Herman ditugaskan sebagai Kaurbin Ops Satuan Narkoba Polres Parepare.

Herman mengaku sangat bersyukur, karena apa yang menjadi harapannya sejak kecil dapat terwujud. Dia merasa bangga bergabung dalam institusi Kepolisian.

“Sejak kecil memang sudah bercita-cita sebagai Anggota Polisi, dan Alhamdulillah, berkat doa kedua orang tua harapan itu terwujud,” tutur Herman.

Herman mengungkapkan, menjadi seorang pelatih anggota Paskibraka adalah pengalaman pertamanya. Dia ditunjuk langsung oleh pimpinan institusinya.

“Baru pertama kali mendapat tugas dari pimpinan untuk melatih anggota Paskibraka,” ucap Herman.

Menjadi pelatih puluhan anggota Paskibraka Parepare, Herman lebih banyak memberi motivasi, semangat dan materi gerakan baris berbaris serta kekompakan.

Kepada puluhan Anggota Paskibraka Parepare yang punya cita cita menjadi anggota TNI atau Polri, Herman berpesan, agar mulai sekarang mereka harus siap mental dan mendisiplinkan diri.

“Untuk anak Paskibraka kalau ada cita cita menjadi anggota Polisi atau TNI dari awal harus mendisiplinkan diri. Mental harus kuat, dan yang paling penting adalah kemauan dan semangat,” ungkap Herman.

Dia berharap, semua kegiatan latihan Paskibraka hingga hari pengibaran bendera pusaka merah putih tahun ini berjalan sukses lancar sesuai dengan rencana. (Fajar Udin)