Giat Komsos Koramil Sapeken Bantu Petani Desa Pagerungan Di Lahan

Sumenep | suaranasionalnews.co.id Di dalam tugasnya Babinsa harus mengetahui keluhan masyarakat baik petani, pedangang maupun nelayan, dalam hal ini peran Babinsa bukan hanya sekedar melakukan monitor saja akan tetapi juga membantu kesulitan-kesulitan masyarakat yang salah satunya menyampaikan informasi kepada komandannya untuk dicarikan solusi terhadap pihak terkait.

Hal itu dikatakan Sertu Hariyanto sebagai Babinsa Koramil 0827/19 Sapeken, saat pelaksanaan komsosnya di rumah bapak hendra di Desa Pagerungan Kecil Kecamatan Sapeken Kabupaten Sumenep. Jumat 4-9-2020.

“Kami selalu menekankan kepada seluruh Babinsa agar selalu intens melakukan komunikasi kepada warga binaanya,” tuturnya.

Pada kesempatan di siang hari yang cerah, disela-sela istirahat seusai melaksakan isoma Sertu Hariyanto melaksanakan anjangsana ke rumah warga binaan yang akrab di panggil Pak Hendra Sebagi nelayan agar lebih hati-hati saat ini di karnakan cuaca exterim agar tidak melaut.

Pada kesempatan itu, perbincangan serta percakapannya membahas tentang hasil tangkapan ikan yang akhir-akhir ini menurun drastis karena musim angin kencang.

“Faktor alam saat musim barat datang pastinya menyulitkan para nelayan seperti saya ini. Kencangnya angin serta tingginya gelombang laut merupakan kendala yang mengakibatkan hasil tangkapan menurun maupun nelayan urung melaut sehingga hasilnya tidak maksimal bisa jadi terkadang malah merugi,” ungkap sertu Hariyanto.

Ia menghimbau supaya untuk sementara ini kegiatan melaut dihentikan terlebih dahulu karena sudah sering terjadi kecelakaan, dikarenakan ombak dan angin.

“Babinsa Sertu Hariyanto juga sedikit menjelasakan bahwasannya kegiatan komunikasi sosial (Komsos) tersebut bukan hanya sekedar silaturahmi atapaun sekedar anjangsana semata, akan tetapi untuk mengetahui keluhan dari para nelayan khususnya mengenai hasil tangkapan ikan maupun tentang situasi perairan laut Kapulauan Sapeken,” pungkasnya.

(Pendim 0827/Sumenep)