Babinsa Kawal MMD UB Kunjungi Sentra UMKM di Gedungan

Sumenep, Jatim | suaranasionalnews.co.idBabinsa Koramil 0827/01 Kota Serka Habbas mendampingi Mahasiswa Membangun Desa (MMD) dari Universitas Brawijaya di Dusun Gedungan Timur, Desa Gedungan, Kecamatan Batuan, Kabupaten Sumenep. Rabu (5/7/2023).

Adapun kegiatan yang dilakukan yaitu mengunjungi sektor UMKM keripik pisang milik ibu Faida.

“MMD ini sebagai sarana bagi mahasiswa untuk mengembangkan pola berpikir, cara pandang dan mengaplikasikan ilmu yang didapat di perguruan tinggi ke dalam pembangunan desa dengan harapan dampak tersebut dapat dirasakan oleh mahasiswa dan masyarakat,” ujar Serka Habbas.

Menurutnya, program MMD dirancang untuk meningkatkan peran aktif mahasiswa dan berkontribusi secara nyata. Guna memperkuat kapasitas sosial, ekonomi, dan lingkungan masyarakat, khususnya di desa Gedungan.

Peserta MMD tidak hanya sekedar melakukan visitasi, namun juga akan terlibat dengan beragam aktivitas pengabdian di lapangan.

Seperti penyuluhan, pelatihan, pemberdayaan masyarakat, dan kegiatan lain yang bertujuan untuk memberikan manfaat bagi pembangunan desa.

“Diharapkan program MMD ini agar kedepannya para mahasiswa ini tidak hanya memberikan materi saja, akan tetapi bisa menerapkan dan mengembangkan sentra UMKM melalui pemasaran dengan mengunakan HP melalui Internet agar kedepannya masyarakat bisa mengambil keuntunganya,” harapnya. (Pendim 0827/Sumenep)