Sebelas Tahun Warga Suku Suka Maju, Nantikan Listrik Standar, 2021 Pihak PLN Belum Ada Tindakan

Tulang Bawang Barat | suaranasionalnews.co.id – Sebelas tahun Masyarakat suku Suka Maju dusun 8 Rt 06 Tiyuh Panaragan Kecamatan Tulangbawang Tengah, Kabupaten Tulangbawang Barat menantikan jaringan listrik standar, hingga tahun 2021 belum ada tindakan dari pihak PLN.

Sepanjang dua kilometer kabel jaringan listrik yang terpasang di tiyang Badan Usaha Milik Negara(BUMN) ini, merupakan hasil swadaya masyarakat setempat atas dasar keinginan adanya penerangan listrik dari PLN.

Sementara ukuran kabel jaringan yang ada,itu menjalur dari Tiyuh Penumangan Baru menuju suku Suka Maju dan Tirta Kencana, sama persih dengan kabel yang tersalur dari tiyang kerumah-rumah warga bukan kabel standar.

Marhadi, warga setempat mengatakan,”
pada tahun 2010 sejumlah masyarakat setempat berswadaya mengumpulkan dana berjumlah 15 juta untuk pengadaan kabel jaringan listrik yang sampai saat ini terpasang di tiyang PLN.
Sehingga, dampak dari kecilnya tegangan arus listrik mengakibatkan parobatan rumah tangga semacam alat elektronik sering rusak,” tuturnya.

Di tempat berbeda,Zainudin warga setempat mengatakan,”kabel jalur Arus PLN ini kan bukan yang standar, jadi meskipun Saya memakai daya 900 watt, siang maupun malam hari tegangan arus listrik di rumah Saya tetap naik turun alias tidak setabil,”ungkapnya.

Menanggapi keluhan Masyarakat ini,
Andre Satriansyah, Manager ULP Pulung Kencana saat di datangi Awak Media di Kantornya mengatakan,” bila mana benar jaringan listrik tersebut milik PLN, maka segera akan Kami ganti sesuai yang di utamanya yakni kenyamanan Masyarakat dalam menikmati penerangan,” jelasnya.

Lanjut Andre,”pihak Kami belum bisa berbuat tampa adanya surat permohonan dari masyarakat setempat yang di ketahui pihak Aparatur Pemerintah Tiyuh Pak. Setelah adanya surat tersebut, maka pihak Kami akan melakukan kroscek ke lapangan,”tuturnya. (Jun)