Babinsa di Rubaru Terampil Matun di Sawah

Sumenep, Jatim | suaranasionalnews.co.idDalam Budidaya tanaman baik di lahan darat maupun di lahan sawah sering kali tumbuh tanaman liar yang dapat menyebabkan persaingan dalam mendapatkan nutrisi maupun persaingan dalam mendapatkan sinar matahari.

Babinsa Koramil 0827/13 Rubaru Serma Kusfandi Serda Syamsul Bahri ikut turun ke sawah bantu petani matun atau mencabut rumput liar yang mengganggu pertumbuhan tanaman padi di Desa Rubaru, Kecamatan Rubaru, Kabupaten Sumenep. Sabtu (3/2/2024).

Serma Kusfandi menerangkan, gulma padi merupakan jenis tumbuhan liar yang dapat mengganggu pertumbuhan dan dapat menyebabkan penurunan hasil panen padi.

“Gulma ini sangat menggangu perkembangan padi, petani keluhkan itu, pagi hari ini lakukan pencabutan gulma kurang lebih seluas 0,3 hektare,” terangnya.

Ia melakukan penyiangan secara manual menggunakan tangan. Tampak Babinsa ini cukup lihai membantu petani menyiangi gulma.

“Penyiangan gulma dengan tangan dimaksudkan agar tidak merusak tanaman padi yang ada disekitarnya, harapanya nanti biar hasil panennya maskimal,” ujar Serma Kusfandi. (Pendim 0827/Sumenep)