TNI Bentuk Karakter Siswa Melalui PBB di SMPN 1 Dasuk

Sumenep, Jatim | suaranasionalnews.co.idDi SMPN 1 Dasuk, Kecamatan Dasuk, Kabupaten Sumenep, seorang Babinsa masuk sekolah memberi bekal wawasan kebangsaan.

Dia adalah Koptu Putu dari Koramil 0827/12 Dasuk berdiri dilapangan sejak pukul 06.30 WIB. Kegiatan tersebut diisi dengan pembekalan dan pelatihan PBB.

Pembekalan dan pelatihan itu ditujukan pada puluhan pelajar guna membentuk karakter siswa agar bisa bersosialisasi dan saling bekerja sama serta menumbuhkan sifat nasionalisme dan patriotisme.

“Kegiatan ini bermanfaat untuk melatih daya konsentrasi, mendorong belajar tentang solidaritas tim dan belajar mendengar. Selain itu, belajar patuh serta belajar untuk diam dan mengatur emosi,” kata Koptu Putu. Sabtu (27/1/2024).

Selain bertujuan untuk menciptakan karakter yang solid. Pembekalan dan pelatihan itu dilakukan juga dengan tujuan untuk meningkatkan kedisiplinan pelajar.

“Sehingga akan tertanam jiwa kedisiplinan di dalam diri para pelajar,” ucapnya.

Menurut Koptu Putu, banyak manfaat yang didapatkan oleh para siswa yaitu menumbuhkan sikap jasmani yang tegap, tangkas, rasa persatuan, disiplin dan juga menanamkan rasa tanggung jawab.

“Kemudian ini untuk menciptakan tindakan yang cekatan dan bertanggung jawab, serta meningkatkan sikap konsentrasi,” jelasnya. (Pendim 0827/Sumenep)