Tingkatkan Kualitas Pendidikan Siswa Sekolah Dasar Disdik Sumenep Gelar Kegiatan Olimpiade Sains Nasional (OSN-SD)

Sumenep, Jatim | suaranasionalnews.co.id Dinas Pendidikan Kabupaten Sumenep melakukan rangkaian kegiatan Ajang Talenta Olimpiade Sains Nasional Jenjang Sekolah Dasar (OSN-SD) yang merupakan agenda tahunan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi dalam hal ini Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI).

Menandai semangat merdeka Belajar, merdeka Berprestasi, aktualisasi prestasi melalui ajang talenta ini didasarkan pada minat dan bakat. Dinas pendidikan kabupaten Sumenep mulai memberikan perhatian yang lebih serius terhadap anak-anak yang berprestasi khususnya pada bidang sains ini.

Mereka yang berhasil akan mendapatkan banyak manfaat untuk pengembangan karir belajar atau karir masa depannya, seperti pembinaan lebih lanjut untuk mencapai prestasi maksimal.

Kegiatan Seleksi OSN-SD dilakukan secara berjenjang dari Tingkat Sekolah sampai Tingkat Nasional.

Metode pelaksanaan Tingkat Kabupaten ini dilakukan pada satu titik ditiap Kecamatan sesuai dengan arahan surat dari Kemendikbud Ristek RI.

Di Kabupaten Sumenep peserta OSN-SD Tingkat Kabupaten total berjumlah 1208 siswa, dengan rincian Peserta Mapel IPA berjumlah 621 siswa, sedangkan peserta Mapel Matematika berjumlah 587 siswa.

Pelaksanaan dilakukan selama 2 hari, IPA tanggal 20 Maret dan Matematika 21 Maret 2024.
Pelaksanaan di tingkat Kabupaten ini mencari 5 terbaik per mapel untuk berkompetisi di tingkat provinsi.

Harapan kami nantinya dari 1208 peserta yang berkompetisi akan ada yang lolos sampai pada tingkat nasional. (Duk)