Dandim Sumenep Menghadiri Gelaran Haul Raja Raja Madura

Sumenep, Jatim | suaranasionalnews.co.idTak hanya menyuguhkan seni budaya dan aksi sosial. Rangkaian perayaan Hari Jadi ke-754 Kabupaten Sumenep juga diisi dengan haul raja-raja pada Minggu (29/10) malam.

Gelaran haul raja raja Madura mengambil tagline ” Sumenep Masa Kejayaan”.

Hadir pada gelaran haul Jajaran Forkopimda Kabupaten Sumenep, OPD, ASN, para kesultanan, keturunan raja, para ulama dan Habaib serta undangan lainnya.

Dandim 0827/Sumenep Letkol Czi Donny Pramudya Mahardi yang turut hadir mengatakan haul raja-raja se-Madura dimaksudkan untuk semakin mengenalkan budaya leluhur kepada masyarakat.

“Haul raja raja cukup meriah dihadiri ulama dan kesultanan se Madura, dengan adanya haul dapat di jadikan kegiatan yang positif untuk menjaga kearifan lokal,” ucapnya. Senin (30/10/2023).

Menurutnya, kegiatan ini juga dimaksudkan untuk meneladani pelajaran dari ajaran-ajaran para raja terdahulu, untuk mengenal budaya Madura.

“Kegiatan Haul Raja-Raja Madura ini juga untuk mengenalkan khas budaya dan tradisi orang Madura kepada seluruh masyarakat di Indonesia,” jelas Dandim. (Pendim 0827/Sumenep)