TNI Kawal Sub PIN Polio Putaran Kedua di Kepulauan Giligenting

Sumenep, Jatim | suaranasionalnews.co.idPutaran kedua Sub Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio sukses digelar di Kecamatan Giligenting, Kabupaten Sumenep. Selasa (20/2/2024).

Sejumlah lokasi menjadi penempatan pelaksanaan. Tempat lokasi diantaranya di Pos Kacang hijau, Pos Beras merah, Pos Vanilla, SDN Banbaru 1, SDN Banbaru 2, MI Nurul Huda dan TK Nurul Huda.

Hal ini merupakan upaya pemerintah Surabaya dalam mencegah dan memutus mata ranting penularan virus polio.

Babinsa Koramil 0827/23 Giligenting Serda Herson Purnomo yang turut mengawal pelaksanaan mengatakan Sub PIN Polio putaran kedua dilaksanakan mulai tanggal 19 sampai dengan 25 Februari 2024.

“Hari ini sebanyak 465 anak mendapatkan imunisasi Polio, ada beberapa yang sakit sehingga tidak hadir. Untuk yang tidak bisa mengikuti hari ini, kami arahkan ke posyandu atau puskesmas terdekat,” ujarnya.

Menurut Serda Herson setiap siswa yang sudah mendapat imunisasi Polio akan mendapatkan kartu yang berisi data anak dan tanggal vaksin untuk putaran kedua.

“Hingga saat ini belum ada keluhan ataupun penolakan dari orang tua balita atau murid terkait pemberian imunisasi ini. Mengingat imunisasi polio ini dipantau langsung oleh pihak Puskesmas dan pihak Sekolah,” imbuhnya.

Untuk diketahui pemberian imunisasi polio tidak dapat dilaksanakan secara mandiri. Karena terdapat skrining kesehatan awal dari petugas kesehatan. Layaknya anak yang menderita demam atau diare maka dapat dilakukan penundaan. (Pendim 0827/Sumenep)