Babinsa Desa Pulau Guwa Guwa Kopka Edy Purnomo Mempelopori Kegiatan Bersih-Bersih Desa Binaan

Sumenep, Jawa Timur

Salah satu tugas pokok Bintara Pembina Desa (Babinsa) adalah membangun wilayah desa dengan menjalin kerja sama dan membangun kebersamaan dengan warga di wilayah binaannya.

Seperti yang tengah dilakukan Babinsa Koramil 0827/21 Ra’as Kopka Edy Purnomo mempelopori kegiatan bersih-bersih Desa di Desa Pulau Guwa Guwa Kecamatan Ra’as Kabupaten Sumenep. Sabtu (27-7-2019).

Kegiatan yang diprakarsai Babinsa Desa Guwa Guwa ini semata mata karena terdorong rasa tanggung jawab wilayah binaan agar desa binaannya terlihat asri, bersih dan indah, sehingga akan memberikan kesan kepada warga peduli kesehatan.

Menyinggung masalah kesehatan, Kopka Edy Purnomo menjelaskan, ini merupakan upaya guna mencegah timbulnya menjangkitnya berbagai penyakit, disinyalir ada beberapa warga yang terserang sakit seperti flu dan batuk, hal ini akibat dari kurang bersihnya lingkungan.

Disamping itu, kegiatan ini mendorong masyarakat peduli bersih lingkungan dan memupuk jiwa gotong royong yang kini sudah mulai luntur.

“Saya ingin warga tetap semangat dan tetap memiliki jiwa gotong royong, guyub rukun, berat sama dipikul ringan sama dijinjing,” ujar Kopka Edy Purnomo.

“Kegiatan ini akan tetap dilanjutkan dengan sasaran lain di desa binaannya itu dan pihaknya telah merencanakan bersama warga dan tokoh masyarakat sekitar sebulan sekali melakukan bersih desa, ini upaya langkah awal pencegahan dini terhadap kelangsungan lingkungan hidup dan kehidupan warga, untuk membiasakan hidup dilingkungan bersih dan sehat,” ungkap Kopka Edy Purnomo.

Kopka Edy Purnomo mengaku, upayanya memelopori kegiatan pembersihan lingkungan sekitar Desa Guwa Guwa ini, bertujuan untuk menciptakan lingkungan tempat tinggal yang bersih dan sehat.

Di sela-sela kegiatan, Kopka Edy Purnomo juga melakukan komunikasi sosial (komsos) tentang sejumlah hal kekinian. Di antaranya, himbauan bijak menggunakan media sosial (medsos), dan menjauhi narkoba serta pergaulan bebas. (Pendim)