Proses Pemasangan Batako Pada Tiang Dinding RTLH Menjadi Bagian Babinsa Dungkek

Sumenep, Jatim | suaranasionalnews.co.idDalam setiap pengerjaan konstruksi. Pada saat pemasangan batako apalagi untuk dinding Rumah Tinggal Layak Huni (RTLH) pekerja diharuskan bekerja cepat dan merata agar kualitas dari kuatnya dinding tidak diragukan lagi.

Contohnya, saat Serma Rustam membuat ukuran adonan semen dan pasir, dia berembuk terlebih dahulu dengan seorang warga Desa Tamansare Kecamatan Dungkek Kabupaten Sumenep. Jumat (23/7/2021).

Alhasil, keduanya tampak cocok dalam meramu adukkan semen dan pasir untuk pemasangan batu bata merah. “Saya selalu meminta pertimbangan dengan tukang yang ada di Desa ini. Mereka pasti lebih berpengalaman dalam bidang pertukangan batu,” ungkap Serma Rustam.

Dengan menggunakan peralatan tukang dibantu oleh warga, Babinsa menyusun puluhan batako dengan campuran semen yang terukur, dengan beralaskan sepatu boot dari karet, dan Babinsa menggunakan Kaporlap yang dibagikan dari Komando atas bersama masyarakat terlibat menyusun dinding dari batako hingga simetri dan lurus tidak lupa selalu menjaga faktor keamanan hingga pengerjaan cepat selesai.

Serma Rustam dengan tidak memandang pekerjaan ikut membantu warga dalam menyusun batu batako hingga mencampur adonan semen sesuai dengan hitungan dari tim teknis RTLH Koramil 0827/17 Dungkek dengan sangat gembira dan senyuman khasnya berkata,” Saya kepengin cepat selesai dan bisa digunakan agar tuan rumah mendapat hunian yang layak,” pungakasnya. (Pendim 0827)