Bantu Bedeng Jagung di Usia 31 HST, Ini Penjelasan Babinsa

Sumenep, Jatim | suaranasionalnews.co.idBapak Hasan, petani Dusun Lojikantang, Desa Kalianget Barat, Kecamatan Kalianget, Kabupaten Sumenep, tampak senang.

Dia mendapat bantuan tenaga secara cuma-cuma dari Babinsa Koramil 0827/02 Kalianget Serdang Muhayyi, untuk membedeng lahan jagung usia 31 HST di kebunnya seluas 0,5 Ha. Minggu (16/4/2023).

Saat ini ia bersama bersama Babinsa melakukan pengolahan ulang tanah yang merupakan tindakan penting untuk menciptakan kondisi tanah, agar pertumbuhan jagung bisa subur dengan optimal.

Babinsa Serda Muhayyi yang mengatakan tujuan membedeng lahan jagung di antaranya agar pohon jagung tersebut tidak rebah sehingga pertumbuhan jagung bisa subur dengan optimal.

Selain itu, di saat musim hujan yang ekstrim seperti saat ini, lahan tanam jagung tidak gampang tergenang.

“Jika sudah di bedeng seperti ini, jadi saat huja tidak akan mudah terendam, tidak mudah busuk akar dan tidak mudah kena penyakit,” jelasnya.

Pihaknya mengungkapkan membantu pembedengan tersebut merupakan bentuk dukungan terhadap program ketahanan pangan yang digalakkan oleh pemerintah daerah.

“Diharapkan dengan dukungan ini mampu membantu petani dalam meningkatkan swasembada pangan, khususnya di Jagung,” ungkapnya.

Di sela istirahat, Bapak Hasan pemilik lahan menyampaikan terima kasih serta apresiasinya kepada Babinsa Kalianget yang telah bekerja keras untuk membantunya mempermudah pekerjaannya.

“Sebelum ini, kami bersama Babinsa ke sawah bersama-sama bahkan mulai dari pengolahan lahan, pembibitan, hingga perawatan saat ini, semoga hasilnya bisa maksimal,” harapnya. (Pendim 0827/Sumenep)