Babinsa dan Warga Gotong Royong Bangun Tangkis Laut di Nonggunong

Sumenep, Jatim | suaranasionalnews.co.idBabinsa dan sejumlah warga gotong royong bangun tembok penahan ombak atau tangkis laut di Desa Sokarame Paseser, Kecamatan Nonggunong, Kabupaten Sumenep.

Hal ini dilakukan untuk mencegah abrasi pada bibir jalan di sepanjang daerah itu.

Babinsa Koramil 0827/20 Sapudi Serda Ngadiyana menjelaskan, pembuatan tangkis laut itu menggunakan bahan material terdiri baru gunung dan adukan semen.

“Tinggi tangkis laut ini sekitar 3 meter dari tanah dengan harapan jika ombak besar dan angin kencang air laut tidak kepemukiman warga,” katanya. Kamis (23/11/2023).

Ia menuturkan, pembangunan tangkis laut di sepanjang pesisir pantai di desa Sokarame Paseser sangat kokoh, diharapkan nantinya pengerjaannya tepat waktu.

“Kalau materialnya batu gunung dan cor-coran semen saya rasa sangat kuat, mudah-mudahan bisa minimalisir banjir rob,” ujar Serda Ngadiyana.

Salah satu warga Jumadi (42) yang memiliki pekerjaan sehari-hari sebagai nelayan tersebut mengaku bahwa warga sangat menyambut positif pembangunan tangkis laut ini.

Apalagi, masyarakat yang memiliki pekerjaan sehari-hari sebagai nelayan, berharap tangkis laut yang di bangun mengurangi resiko banjir rob.

“Setelah ada proyek pembangunan tangkis laut ini aman, tidak perlu khawatir lagi,” tandasnya. (Pendim 0827/Sumenep)