Lomba Kerapan Kambing Dandim Cup Peringati Hari Jadi Sumenep Ke -753 Tahun 2022

Sumenep, Jatim | suaranasionalnews.co.id Kabupaten Sumenep memiliki banyak daya tarik, khususnya bagi wisatawan. Salah satunya tradisi karapan kambing yang diselenggarakan oleh Kodim 0827/Sumenep dalam rangka Hari Jadi Kabupaten Sumenep Ke 753 di Desa Batuan yang kini semakin digandrungi.

Tidak hanya warga Sumenep namun event Karapan Kambing Dandim Cup ini juga diikuti dari Kabupaten lain di Madura.

Kerapan kambing di Desa Batuan ini melombakan adu cepat kambing seperti kerapan sapi, hanya saja joki kerapan kambing tidak ada seperti kerapan sapi, melainkan berteriak di belakangnya agar melaju cepat.

Tak ada kriteria khusus dari jenis kambing yang digunakan. Rata peserta menggunakan kambing lokal (kambing kacang) untuk bertanding. Selain menyiapkan mental, para peserta lomba juga sebelumnya mempersiapkan kambing pacunya.

Pagi itu juga, sebanyak 128 ekor kambing diturunkan dari beberapa mobil bak terbuka dan langsung digiring ke tenda yang sudah disiapkan di lapangan Sumarto Desa Batuan.

Bupati Sumenep yang di wakili Asisten 1 Didik Wahyudi mengatakan Momentum kerapan kambing ini agendanya Dandim 0827/Sumenep dan kedepannya akan di selenggarakan 2 kali dalam setahun.

“Apresiasi dari pemerintah Daerah, adanya kerapan kambing ini sebagai bentuk pecinta kerapan kambing sebagai budaya tradisional daerah Kabupaten Sumenep dan dapat meningkatkan ekonomi bagi masyarakat di sekitar tempat perlombaan,” ujarnya.

Dandim 0827/Sumenep Letkol Czi Donny Pramudya Mahardi, S.E. dalam sambutannya mengatakan Momen karapan kambing ini kami sangat bahagia karena bertepatan dengan hari jadi Pemda Kabupaten Sumenep yang ke 753.

“Adanya kerapan kambing ini diadakan karena banyak cerita dengan perjuangan pemilik kambing sehingga kami sebagai Forkopimda mewadahi dan saat ini sudah ada Paguyubannya” ungkap Letkol Czi Donny Pramudya Mahardi, S.E.

Mimpi kami kedepannya lanjut Dandim “Kerapan kambing ini menjadi obyek pariwisata khas daerah Sumenep seperti daerah lain dan akan kami agendakan lomba karapan kambing ini dilaksanakan 2 kali setahun,” tandasnya.

Pada pukul 09.45 WIB Perlombaan dimulai dengan di starkan pertama oleh Dandim 0827/Sumenep bersama Forkopimda.

Hadir dalam kegiatan Bupati Kabupaten Sumenep di wakili Assisten Pemerintahan Didik Wahyudi, Dandim 0827/Sumenep Letkol Czi Donny Pramudia Mahardi. S.E., Kapolres Sumenep AKBP Edo Setya Kentriko S. I. K., Kadisbudparpora Moh. Ikhsan dan Ketua Paguyuban kerapan kambing Kabupaten Sumenep. (Pendim 0827/Sumenep)